Awal Tahun 2022, SMPN 1 Cilawu Raih 15 Prestasi

0
964

kandaga.id – Luar biasa, di awal tahun ajaran baru 2021/2022, SMPN 1 Cilawu sudah menumbuhkan banyak prestasi, dengan meraih 14 medali dari bidang olahraga serta satu dari bidang seni. Dan torehan prestasi ini, bukan dikarenakan ada bawaan dari SD melainkan murni hasil binaan dan bimbingan SMPN 1 Cilawu.

Meski demikian, Kepala SMPN 1 Cilawu, R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., masih merasa belum puas dan pihaknya akan terus melakukan penggalian-penggalian potensi siswanya agar memiliki prestasi terbaik khususnya untuk SMPN 1 Cilawu dan Kabupaten Garut, baik di bidang akademis maupun non akademis, Kamis (13/1/2022).

Bahkan dirinya punya rencana akan mendatangkan pelatih khusus dari tingkat nasional, dengan harapan SMPN 1 Cilawu kembali berkibar di tingkat Nasional seperti tahun 2014/2015 dengan mengharumkan Kabupaten Garut dan Provinsi Jabar.

Untuk mencapai puncak atau mendapatkan sebuah prestasi itu tidak gampang, ada proses, banyak rintangan, butuh pengorbanan dan perjuangan serta keuletan serta strategi khusus. Dan yang paling utama, kata Yusup, adalah saling percaya antara kepala sekolah dengan para wakasek dan pembinanya.

Wakasek kesiswaan dan pembina OSIS, terang Yusup, memiliki peran dengan tugas dan fungsi yang cukup banyak. Mereka bertanggungjawab dalam maju mundurnya ekskul di sekolah sesuai dengan visi SMPN 1 Cilawu yaitu “Berkarakter, Sekolah Bersih dan Berprestasi”

Makanya, kata Yusup, dirinya sudah percaya kepada mereka untuk mengontrol semua kegiatan ekskul, mengevaluasi dan nanti hasilnya ada dalam pelaporan.

Contohnya dalam membina kedisiplinan, karakter atau sikap anak pada kegiatan ekskul karate, pihaknya tidak bisa melepas begitu saja, tapi disana hadir pembimbing dan pembinanya mengawasi.

“Meski berlatih karate biasanya hanya dua hari dalam seminggu, apalagi untuk mengikuti kejuaraan, dengan penambahan waktu berlatih, meski hujan atau panas mereka hadir,” ujar Yusup, intinya, tegas Yusup, lebih baik muntah dalam latihan daripada muntah saat pertandingan.

Selain itu, pelatih pun sudah tahu betul dalam melakukan seleksi, mana yang pantas untuk mengikuti kejuaraan mana tidak. Dan terbukti dari semua atlet yang dikirimkan untuk mengikuti kejuaraan semuanya meraih juara.

Sedangkan untuk anak yang punya prestasi, tentunya sebagai tempat mendidik dalam memberikan reward pun disesuaikan dengan unsur mendidik pula, supaya lebih semangat serta memotivasi yang lainnya, anak bersama orangtuanya ditampilkan di depan, diperkenalkan kepada semua peserta upacara.

Berikut para juara Kapolres Cup IV, yang digelar di GOR Permainan Ciateul tanggal 8-9 Januari 2022 dengan Dojo SMPN 1 Cilawu, Pelindung : Kepala SMPN 1 Cilawu, R. Yusup Satria Gautama, S.Pd., Pembina : Wakasek Kesiswaan, Sukmana, S.Pd., dan Pelatih : Supriatna.

Indah Lianingsih (9E), Juara 1 Kumite Perorangan Junior -48 kg Putri dan Juara 1 Kumite Festival SMP Putri;

Melisa Agustina (9E), Juara 3 Kumite Perorangan Junior, dan Juara 3 Kumite Festival SMP Putri;

Siti Julianti E (9J), Juara 3 Kata Festival SMP Coklat Putri;

Anggi Purbagja S (9F), Juara 2 Kumite Festival SMP Putri;

M. Milky Firdaus (9F), Juara 2 Kumite Festival SMP Putra;

Saskia (8J), Juara 1 Kata Festival Putri, dan Juara 2 Kumite Festival SMP Putri;

Salsa (7C), Juara 3 Kumite Festival SMP Putri;

Nurrisa S (7F), Juara 3 Kumite Festival SMP Putri;

Mega (7I), Juara 2 Kumite Festival SMP Putri;

Sopiah (8J), Juara 3 Kumite Festival SMP Putri;

Septi (7E), Juara 3 Kumite Festival SMP Putri;

Rinrin (7F), Juara 2 Kumite Festival SMP Putri;

Syifa (7F), Juara 3 Kumite Festival SMP Putri:

Adli (7J), Juara 2 Kumite Festival SMP Putra;

Atlet Berprestasi akan Direkrut BAPOPSI

BAPOPSI Kabupaten Garut akan menggali dan merekrut semua atlet pelajar baik yang ada di bawah dinas pendidikan maupun Kemenag.

“Pokoknya, atlet dari pelajar darimanapun berada kami akan merekrutnya, dan tidak akan membeda-bedakannya, semua sama atlet Kabupaten Garut, untuk membawa nama Kabupaten Garut,” ujar Yusup, yang secara kebetulan dirinya menjabat sebagai Wakil Ketua BAPOPSI Kabupaten Garut.

Dirinya berharap, atlet ini tidak keluar dari Kabupaten Garut, dan bisa jadi inves kedepannya.

“Mudah-mudahan kedepannya, para atlet ini dapat menorehkan prestasi baik tingkat lokal, regional, nasional maupun tingkat internasional,” ucapnya.

Merdunya Alvi Menyanyikan Lagu “Pancasila Rumah Kita”

Adapun juara dari bidang seni, ditorehkan Alvi Rahmayanti Diani (9B) dengan meraih Juara 2 Solo Vokal pada Lomba Lagu Nasional (LLN).

Belajar menyanyi secara otodidak, setelah dilatih dan dibina oleh Fuji Minakarlina bersama Dadi Rusli, potensi Alvi terlihat.

Dengan punya hobi nyanyi dan bercita-cita ingin jadi penyanyi tentunya jadi dorongan tersendiri bagi Alvi untuk serius dalam berlatih. Dan terbukti, Alvi berhasil membawa harum SMPN 1 Cilawu.

Kelahiran, 10 Maret 2007, Alvi merupakan anak pertama dari dua saudara dari pasangan Deni K dengan Siti M, kini Alvi tinggal di Kp. Cipicung RT/RW 04/02 Ds. Dangiang.

***Jajang Sukmana