Selamat Datang Adhi Makayasa di Kabupaten Garut

0
56
Oleh: Hasanudin

Ada 2 peristiwa menarik yang bersamaan dan bisa jadi tak serbakebetulan.

Pertama, peristiwa 1 Juni, sebagai peringatan hari lahirnya Pancasila; Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Yang pada 1 Juni 2021 diperingati secara nasional, tak terkecuali Kabupaten Garut, dan;

Kedua, ditengah Harlah Pancasila tersebut, Kabupaten Garut mendapatkan penerus Kapolres sebelumnya yang sudah berhasil membangun tertib hukum dengan penerus Kapolres Baru Lulusan Terbaik Akademi Kepolisian, Sang Adhi Makayasa Angkatan 2003; AKBP. Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K.,M.Si.

Tentu saja suatu kebanggaan bagi Kabupaten Garut sebagai bagian dari yurisdiksi hukum di Polda Jawa Barat mendapatkan kehormatan dipimpin oleh lulusan terbaik Akademi Kepolisian.

Mengapa?

Pertama; baru kali ini Kabupaten Garut mendapatkan Kapolres lulusan terbaik diangkatannya.

Kedua, pejabat Kapolres sebelumnya sudah sangat berhasil menjadi tertib hukum dan berhasil membangun sinergisitas dengan berbagai kalangan, khususnya masyarakat, baik agamawan, akademisi, tokoh sepuh daerah dan kalangan aktifis pergerakan, sebab;

Ketiga, bukan rahasia lagi Kabupaten Garut selalu menjadi Kabupaten yang penuh dinamika politik, gudangnya para aktifis pergerakan. Hari-hari tak lepas dari kritik dan dinamika sosial, namun damai dan demokratis.

Keempat, Sebagai Kabupaten yang laju pertumbuhannya lamban dan masih menjadi bagian dari Kabupaten tertinggal di Jawa Barat tentu memiliki kompleksitas persoalan. Yang tidak hanya menimbulkan persoalan sosial, tetapi juga persoalan hukum. Tentu saja, upaya penegakan hukum harus dengan cermat dan penuh keadilan merumuskan strategi dan langkah demi terciptanya tertib sosial dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi. Dan kita berharap, Sang Adhi Makayasa dapat urun rembuk merumuskan kebijakan dan strategi yang tepat bagi mendukung upaya kemajuan Kabupaten Garut.

Keenam, termasuk dapat membantu upaya pencegahan yang efektif, terukur dan terkoodinasi dalam mengatasi dan menghadapi bencana non alam Covid-19 yang saat ini kembali memasuki fase puncaknya.

Ketujuh, Adhi Makayasa beliau raih 18 tahun silam, semoga kinerja baik dan dapat lolos dari uji kemasyarakatan dilingkup hukum Kabupaten Garut.

Selamat Bekerja.

15 Juni 2021

Salam Sehat

Hasanuddin
Pendiri LBH Padjajaran