SMKN 1 Garut Sosialisasi Aplikasi Desa Digital pada Kelurahan Jayawaras

0
130

KANDAGA.ID – Sejak diluncurkannya kebijakan SMK Membangun Desa oleh Direktorat Kemendikbud RI di penghujung tahun 2020, SMK Negeri 1 Garut terus bergerak untuk mengimplementasikannya.

Melalui program SMK Membangun Desa ini banyak desa dan kelurahan bekerja sama dengan SMKN 1 Garut yang diawali melalui pelatihan sacupir, pendampingan konten desain, pemasangan internet dan yang terakhir pembangunan desa digital.

Seperti kerjasama antara SMKN 1 Garut dengan Kelurahan Jayawaras, yang telah memasuki tahap akhir, dan pihak SMKN 1 Garut mengawalinya dengan Sosialisasi Aplikasi Desa Digital yang diikuti oleh lurah beserta jajarannya di Lab. SIJA SMKN 1 Garut, Kamis (28/4/2022).

Waka Bidang Manajemen Mutu, Reni Nurhaerani, S.Pd., mengucapkan syukur Alhamdulillah, kegiatan-kegiatan SMK Membangun Desa oleh SMKN 1 Garut disambut baik pihak kelurahan/desa khususnya Kelurahan Jayawaras.

“Semoga segala hal terkait dengan kelurahan tersebut dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat luas,” harap Reni.

Kegiatan ini melibatkan Ketua Komperensi dan siswa jurusan Sistem Informasi, Aplikasi dan Jaringan (SIJA) sebagai pendampingnya.

Yang pasti munculnya Covid-19 tidak menyurutkan SMKN 1 Gatut untuk selalu semangat membangun desa. Sehingga keberadaan SMKN 1 Garut sangat dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat sekitar.

Wakil siswa Tim Kreator, Agung Fathul Muhtadin (siswa kelas XIII SIJ), mengungkapkan, dalam sosialisasi ini lebih menekankan pada prosedur atau cara-cara operasional aplikasi Web Kelurahan Jayawaras dengan fitur-fitur mulai dari Profil Kelurahan, sambutan lurah, dan lain sebagainya.

“Fitur-fitur tersebut tidak bersifat permanen tapi dapat terus di update dan di upgrade sesuai dengan dinamika perkembangan yang terjadi,” ujarnya.

Aplikasi ini murni disusun oleh 3 orang siswa terbaik dari kelas 13 Kompetensi Keahlian SIJ yaitu, Agung Fathul Muhtadin, Davi Hanan Luthfi Abiyyu, Dendy Eka Juanda, dan langsung disampaikan oleh perwakilan siswa Tim Kreator Aplikasi tersebut. ***Jajang Sukmana