SMPN 1 Cibatu Launching Buku Antologi Puisi “Meraih Mimpi” Karya Siswa

0
44
Kepala SMPN 1 Cibatu, H. Kuswara, S.Pd., M.Pd., foto bersama 80 siswa pengisi buku antologi puisi "Meraih Mimpi", Rabu (24/5/2023).

CIBATU, (kandaga.id).- Sekitar 846 siswa kelas VII dan VIII, para guru, dan pengawas pembina, serta komite jadi saksi launching buku antologi puisi “Meraih Mimpi” karya siswa SMPN 1 Cibatu yang digelar di lapangan upacara SMPN 1 Cibatu di Jl. Ir. H. Juanda No.16, Keresek, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (24/5/2023).

Launching ditandai dengan penandatanganan diatas banner oleh Kepala SMPN 1 Cibatu, H. Kuswara, S.Pd., M.Pd., dan kesiswaan, Hj. Yari Yuartini, S.Pd., pengawas pembina, DR. Ida Widaningsih, S.Pd., M.Pd., serta Komite, H. Toha Karim.

Secara kebetulan, launching buku ini masih dalam rangka hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 tahun 2023 dengan tema “Semangat untuk Bangkit”, sehingga dengan terbitnya buku antologi puisi “Meraih Mimpi” ini, jadi inspirasi dan motivasi bangkitnya dalam penyelenggaraan literasi khususnya di SMPN 1 Cibatu.

Untuk terbitan perdana buku antologi puisi “Meraih Mimpi” ini melibatkan sebanyak 80 siswa. Dan sebagai tanda terima kasihnya kepada mereka, pihak sekolah memberikan tanda penghargaan yang diberikan langsung oleh kepala sekolah.

Proses hingga menghasilkan sebuah buku ini bukanlah hal yang mudah, tapi di balik kesulitan itu ada semangat kolaborasi untuk bangkit, khususnya dalam mengaplikasikan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMPN 1 Cibatu.

Untuk itu, agar pelaksanaan literasi di SMPN 1 Cibatu dapat terealisasi dan mencapai hasil seperti yang diharapkan, terutama karya siswa dan guru, maka semua pihak terkait hendaknya berperan aktif dan memberikan kontribusi yang berarti sesuai tugas pokok dan peran masing-masing.

“Mudah-mudahan kegiatan literasi di SMPN 1 Cibatu bisa terus berkembang, menargetkan tiap tahun bisa menghasilkan satu buku,'” harap H. Kuswara, yang mengaku di  tahun 2024 pihaknya sudah diagendakan untuk merilis lagi satu judul buku baru.

Menurut H. Kuswara, literasi merupakan kemampuan seseorang dalam hal membaca serta menulis, dan literasi adalah sebuah fondasi yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak dalam proses belajar. Penguasaan literasi sejak dini merupakan awal cemerlang dan sangat penting diterapkan di sekolah maupun di lingkungannya.

“Dengan bermodalkan kemauan sebagai pembelajar, keinginan yang kuat dan mimpi yang besar, akhirnya buku “Meraih Mimpi” ini dapat rilis juga. Terima kasih kepada semua pihak yang telah dengan tulus memberi dukungan dan motivasi hingga terbitnya buku ini,” pungkas H. Kuswara. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here