SMPN 1 Cilawu, Satu-satunya Perwakilan Kabupaten Garut pada LCC Kebudayaan dan Permuseuman Jawa Barat 2022

0
420

CILAWU, (kandaga.id).- Luar biasa, SMPN 1 Cilawu menjadi satu-satunya sekolah negeri di Kabupaten Garut yang berhasil lolos pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kebudayaan dan Permuseuman Jawa Barat 2022, yang digelar Sri Baduga.

Kepala SMPN 1 Cilawu, R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., mengucapkan syukur Alhamdulillah, berkat dukungan serta doa dari semua pihak, SMPN 1 Cilawu berhasil masuk babak final peringkat 3.

Kepala SMPN 1 Cilawu, R. Yusup Satria Gautama, M.Pd

“In Syaa Allah final akan digelar di Museum Sri Baduga pada hari Rabu, 10 Agustus 2022. Dan sekali lagi kami mohon dukungan dan doanya, khususnya dari keluarga besar SMPN 1 Cilawu dan masyarakat Kabupaten Garut, semoga kontingen SMPN 1 Cilawu dapat meraih juara pertama dan dapat membawa harum Kabupaten Garut di tingkat Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya, Senin (8/8/2022).

Terpisah, pembimbing LCC dari Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) IPS, Dikdik Herman Taufik, S.Pd., mengungkapkan, LCC ini dilaksanakan secara online atau virtual, sedangkan pada sesi final akan dilaksanakan secara offline atau tatap muka.

Berdasarkan informasi yang didapatnya, dalam sesi final ini akan dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan, Gubernur Jawa Barat, dan Menteri Pariwasata dan Ekonomi Kreatif RI.

Menurutnya, LCC ini tidak mudah, sekolah harus mempersiapkan segala sesuatunya, anak-anak harus dibimbing oleh guru ahli di bidangnya, karena materi yang dilombakan itu adalah sejarah, permuseuman, seni budaya, serta PPKn Kewiraan.

Buktinya, dari sekian banyak SMP/MTs se-Jawa Barat hanya 44 yang terjaring, itupun masih dalam penjaringan menjadi 28 sekolah, kemudian dijaring kembali menjadi 12 sekolah untuk lomba menjadi 6 besar (final) tingkat provinsi Jawa Barat.

“Ke-6 besar ini akan bersaing kembali untuk menjadi juara pertama, yang nantinya akan menjadi wakil Provinsi Jawa Barat pada lomba yang sama di tingkat nasional,” pungkas Dikdik.

Ditempat yang sama, pembimbing, R. Muhammad Satria Gyas Mustaghis, S.Pd., mengatakan, baru tahun ini SMPN 1 Cilawu dapat masuk pada lomba dibidang akademik ke tingkat Jawa Barat, yang biasanya memenangkan lomba sampai tingkat kabupaten.

Selaras dengan visi misi SMPN 1 Cilawu yaitu bersih, berkarakter, dan berprestasi, sudah barang tentu dirinya sebagai guru sekaligus pembimbing menginginkan, seluruh peserta didik SMPN 1 Cilawu memiliki karakter yang kuat, prestasi yang mendukung dan pribadi yang bersih.

“Mudah-mudahan SMPN 1 Cilawu tetap memiliki jiwa saing yang tinggi dan bisa mengibarkan bendera, baik di tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional,” harap Gyas, yang mengaku sarana prasarana dan layanan di SMPN 1 Cilawu sudah lebih dari cukup mensupportnya.

Berikut peserta didik SMPN 1 Cilawu yang mengikuti LCC Sri Baduga 2022 yaitu, Rima Tazqia Siril Hasanah (9D), Lani Nur Cahyani (9H), dan Siti Fadhilah Sadira (9B). ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here