BAPOPSI Garut Akan Mewadahi Atlet Berpotensi dan Melahirkan Prestasi

0
144

kandaga.id – Pelajar yang punya bakat di bidang olahraga tak perlu lagi hengkang. Pasalnya Kabupaten Garut sudah punya Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) yang akan mewadahi, menampung para atlet berprestasi dari berbagai cabang olahraga (cabor).

Demikian disampaikan, Ketua BAPOPSI Kabupaten Garut, Usep Basuki Eko, SH., MH., didampingi Wakil Ketua, R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., dan Sekretaris Umum, Drs. Tito Sugito, MM., usai pelantikan kepengurusan BAPOPSI Kabupaten Garut di Fave Hotel, Jl. Cimanuk No. 338, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kamis (30/12/2021).

Dalam undang-undang, olahraga dibagi tiga ruang yaitu olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan sekarang ditambah dengan design besar nasional yaitu industri olahraga.

“Pada intinya BAPOPSI ini difokuskan untuk semua atlet pelajar yang ada di satuan pendidikan dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat, dan berbeda dengan cabor-cabor yang sifatnya umum,” ungkap Eko, panggilan akrab dari Usep Basuki Eko.

Keberadaan BAPOPSI tentunya akan memberikan angin segar bagi Kabupaten Garut, karena BAPOPSI akan mempersiapkan atlet-atlet berprestasi dari usia dini, sebagai antisipasi keterpurukan atlet di masa depan.

“Kami akan bekerjasama dengan guru-guru olahraga yang ada di satuan pendidikan. Karena basicnya dari sekolah, sudah barang tentu leading sektornya dinas pendidikan, sedangkan wadahnya ada di Dispora,” tambah Eko.

Jadi, lanjut Eko, kalau nanti ada pertandingan atau perlombaan, pihaknya akan melibatkan secara penuh dinas pendidikan.

Selain itu, untuk menggali potensi atlet di tingkat bawah, BAPOPSI Kabupaten akan membentuk BAPOPSI tingkat kecamatan, sesuai dengan AD/RT dan perundang-undangan.

Sementara itu, Ketua MKKS SMP Kabupaten Garut, R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., menyambut baik terbentuknya kepengurusan BAPOPSI.

Dirinya mengakui, selama ini banyak atlet yang berpotensi dan berprestasi di Kabupaten Garut, namun tidak ada yang mewadahinya. Sehingga, lanjut Yusup, banyak atlet asal Garut yang membawa harum kabupaten/kota lain.

“Mudah-mudahan dengan adanya BAPOPSI, terhimpun atlet-atlet yang berpotensi, dan kedepannya dapat melahirkan atlet berprestasi untuk membawa harum Kabupaten Garut,” pungkas Yusup. ***Jajang Sukmana