Belajar Demokrasi Sejak Dini, SMPN 6 Garut Menyelenggarakan Pilkaos Periode 2023-2024

0
255

BRATAYUDHA, (kandaga.id).- Dengan tema “Suara Demokrasi”, sejumlah 896 pemilih di SMPN 6 Garut melakukan Pemilihan Ketua Osis (Pilkaos) untuk periode 2023-2024. Dan mereka akan memilih salah satu Pasangan Calon (Paslon) terbaik dari empat pasangan yang mengikuti pencalonan, Jum’at (1/10/2022) baru lalu.

Kepala SMPN 6 Garut, Dr. Budi Suhardiman, M.Pd., mengatakan, Pilkaos ini merupakan salah satu program sekolah penggerak yaitu Projek Profil Pelajar Pancasila, dan di setting sedemikian rupa seperti dalam Pemilu sesungguhnya.

Terkait dengan tema yang diusungnya, Dr. Budi mengaku sengaja, karena tema tersebut sebagai pembelajaran bagi siswa mengingat sebentar lagi Indonesia akan melaksanakan Pilpres Pilkada, dan Pileg.

“Siswa SMP memang belum memiliki hak pilih pada pemilu nanti, tapi kami memiliki kewajiban untuk melakukan pembelajaran berdemokrasi sejak dini”, ungkap Dr. Budi melalui WhatsApp, Senin (3/10/2022).

Menurutnya, dari kegiatan ini nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila atau dimensi yang ingin ditanamkan yaitu belajar menghargai hak orang lain, bergotong-royong, bernalar kritis, dan menghargai perbedaan.

Adapun tahapan-tahapan dalam Pilkaos ini, Dr. Budi memaparkan, mulai dari pembentukan KPO (Komisi Pemilihan OSIS), menyiapkan segala administrasi yang dibutuhkan, penjaringan calon, sosialisasi tentang demokrasi, membuat pertanyaan untuk calon, penyampaian visi, debat calon, kampanye terbuka, pencoblosan, penghitungan suara, dan penetapan.

“Alhamdulillah, Paslon No. 04 atas nama Abdul Aziz Setiawan (8-B) dengan Retia Aprilia (8-C) berhasil meraih suara terbanyak dengan 407 suara, dengan demikian mereka akan memimpin OSIS periode 2023-2024,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here