Bupati Garut akan Langsung Memimpin Pelaksanaan Sekolah Penggerak

0
175

Bupati H. Rudy Gunawan, SH., MH., M.P., mengatakan, akan memimpin langsung pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Garut. Hal ini sebagai komitmen Pemkab Garut untuk mendukung secara penuh program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mewujudkan konsep merdeka belajar dan profil pelajar Pancasila.”Kami siap berkolaborasi dengan Kemendikbud untuk melaksanakan Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Garut untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang, Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong,Kreatif, Bernalar Kritis dan Mandiri,” jelasnya

Bupati Garut berjanji, akan melakukan politik anggaran  dan mengambil kebijakan-kebijakan strategis untuk suksesnya program sekolah penggerak serta mengoptimalkan semua sumber daya yang ada terutama di Dinas Pendidikan sebagai leading sector dari Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Garut. ” Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud yang telah menunjuk Kabupaten Garut sebagai pilot project dalam kegiatan Sekolah Penggerak,” ujarnya.

Dalam sosialisasi sekolah penggerak untuk kepala sekolah melalui fasilitas zoom dan youtube yang masih berlangsung saat ini, Bupati Rudy Gunawan menyampaikan, meski masih banyak kendala dalam pelaksanaan PJJ di Kabupaten Garut, pihaknya terus berupaya untuk melakukan langkah-langkah strategis agar semua peserta didik terlayani dengan baik.

Bupati mencontohkan, salah satu kendala dalam PJJ di Kabupaten Garut adalah masih banyaknya anak-anak yang tidak memiliki gawai, tetapi cukup sulit untuk diatasi karena jumlahnya terlalu banyak. “Kemarin saya melakukan kunjungan kerja ke Garut Selatan dan melihat banyak anak terkendala belajarnya karena tidak memiliki HP atau gawai. Meski begitu saya pastikan di tahun 2021 sudah tidak ada lagi daerah yang blank spot atau tidak memiliki akses internet,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Kandaga.Id, sosialisasi sekolah penggerak secara daring ini mendapat respon positif dari semua stake holder, tampak mendampingi Bupati Garut, Kepala Dinas Pendidikan, Totong, S.Pd., M.Si dan seluruh jajarannya. Begitu juga dengan para kepala sekolah, tercatat lebih dari seribu kepala sekolah dari mulai jenjang TK hingga SMP yang menyimak kegiatan ini melalui platform zoom dan live streaming Youtube yang disediakan LPMP Jawa Barat. *** Herdy M. Pranadinata