Bupati Garut Hadiri Pelantikan MUI Masa Khidmat 2021-2025

0
49
Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri pelantikan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut masa khidmat 2021-2025, di Gedung Pendopo Kabupaten Garut (10/2/2021). (Foto: Deni Septyan/Diskominfo Garut).

kandaga.id – Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri pelantikan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut masa khidmat 2021-2025 di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (10/2/2021).

Bupati Garut mengucapkan selamat kepada para pengurus MUI Kabupaten Garut yang sudah dilantik. “Saya selaku Bupati Garut mengucapkan selamat kepada KH. Sirojul Munir beserta seluruh pengurus yang hari ini dilantik dan tentu kami berterimakasih atas kerja sama selama ini,” ucap bupati dalam sambutannya.

Bupati Garut juga mengucapkan terimakasih atas dedikasi dari para alim ulama dalam membantu memberikan nasihat di lingkungan masyarakat. “Saya selaku Bupati Garut juga berterimakasih kepada para alim ulama, yang mana pemerintahan memiliki keterbatasan berhubungan dengan masyarakat, akan tetapi para ulama membantu memberikan nasihat dan menjadi imam di masyarakat,” ujar Rudy.

Kata bupati, meskipun berada dalam situasi pandemi dan mengalami efisiensi lebih dari 250 miliar (rupiah), bantuan keagamaan pada anggaran tahun 2021 berjumlah lebih dari 30 miliar rupiah. “Tentu adalah kewajiban kita semua demi dakwah bagaimana kita mewujudkan masyarakat Garut yang bertaqwa, maju, dan sejahtera. Alhamdulillah, meskipun ada di dalam keadaan ada efisiensi lebih dari 250 miliar, tetapi anggaran tahun 2021 untuk bantuan keagamaan lebih daripada 30 miliar rupiah, selalu meningkat dari tahun ke tahun,” terangnya.

Bupati mengajak para ulama untuk menyosialisasikan vaksin Covid-19, agar masyarakat Kabupaten Garut turut melakukan vaksinasi.

“Dalam suasana pandemi Covid-19 kami mohon kepada para ulama yang ada di kabupaten untuk membantu mensosialisasikan tentang vaksin Covid-19 sambil berdakwah di lingkungan masyarakat Garut,” ucapnya. Selain itu, Bupati Garut meminta kepada MUI untuk membuat edaran mengenai sosialisasi vaksin sampai ke tingkat desa.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Kabupaten Garut, KH. Sirojul Munir, mengucapkan selamat kepada para pengurus MUI Garut yang baru serta berharap ke depannya bisa bekerja sesuai dengan harapan. “Kepengurusan masa hidmat 2020-2025 yang barusan dibacakan, saya ucapkan selamat kepada para pengurus MUI Garut yang baru, semoga kedepan bisa bekerja seauai dengan harapan, oleh karena itu mari kita jalin kerjasama, tanpa kerjasama mustahil suatu organisasi akan berkembang,” ucapnya.

Ketua Panitia Pelantikan MUI, Aas Kosasih mengatakan, MUI merupakan lembaga yang strategis dan refresentatif dalam mengakomodir kepentingan umat. “Musyawarah Daerah (MUI) merupakan mekanisme baku dari sebuah organisasi untuk melakukan evaluasi. MUI merupakan wadah dan lembaga yang strategis dan refresentatif dalam mengakomodir kepentingan umat,” ucapnya. (Jajang Sukmana)***