DR. Ajang Rusmana, M.Pd., dari Keluarga Petani, Menjadi Perencana Pendidikan

0
190

KANDAGA.ID – Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, DR. Ajang Rusmana, M.Pd., menduduki jabatan baru Kepala Seksi Kurikulum pada Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Jabatan tersebut, setelah Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengambil sumpah dan melantiknya bersama 17 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut di Lapangan Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (31/8/2022).

Lahir di Garut, 14 Agustus 1970, DR. Ajang meniti awal pendidikan dasar di SDN Awisalam Kecamatan Pakenjeng, lulusan tahun 1984, kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah pertama tepatnya SMPN Pakenjeng, lulus tahun 1987.

Karena orang tuanya berlatarkan petani, yang sudah barang tentu saja segalanya serba terbatas. Sehingga ketika lulus SMP, DR. Ajang tidak mengambil sekolah SMA yang lagi trend waktu itu, melainkan ke SPGN Garut dan lulus tahun 1990. Kemudian melanjutkan pendidikan Diploma 2 di IKIP Bandung Jurusan PGSD lulus tahun 1995.

Karena keterbatasan biaya, kita menempuh pendidikan Diploma 2, ia harus memutar otak, mencari peluang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di Bandung dan biaya kuliah.

“Saya berjualan rokok, dagang bakso dan jadi kernet angkutan umum,” terangnya.

Perjuangan dan pengorbanan dalam perjalanan karier DR. Ajang tak sia-sia, pengalaman hidup yang pahit membuatnya kuat dalam menghadapi berbagai persoalan.

Untuk mengawali hasil dari perjuangan tersebut, setahun lulus dari PGSD, DR. Ajang memulainya mengajar di SDN 2 Panyindangan, Kecamatan Pakenjeng dari tahun 1996 hingga 2004, kemudian berpindah ke SDN 2 Cisero Kecamatan Cisurupan namun setahun, pindah lagi ke SDN 2 Cisurupan Kec. Cisurupan dari tahun 2005 hingga 2010.

Dalam perjalan mengajarnya, DR. Ajang sambil kuliah Diploma 2 di UPI Bandung mengambil Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA dan lulus tahun 2003, termasuk Magister di UPI Bandung Jurusan Pendidikan Dasar dan lulus tahun 2009.

Selain itu, pada tahun 2013 hingga 2021 DR. Ajang memimpin SMP Persada Cisurupan, itupun dijalaninya sambil kuliah S3 atau gelar Doktor Pendidikan di UPI Bandung Jurusan Pendidikan Umum/Nilai, dan lulus tahun 2017.

“Alhamdulillah, tahun 2022 saya lolos seleksi dan menjadi Pengawas SMP hingga tanggal 31 Agustus 2022 dengan menduduki jabatan baru Kasi Kurikulum Bidang SMP,” terang DR. Ajang yang mengaku tinggal di Kp. Cisero Kaler RT 04 RW 05 Desa Cisero Kecamatan Cisurupan.

Tak hanya itu, pengalaman kerjanya, DR. Ajang tahun 2008-2015 dirinya menjadi Dosen Luar Bisa (LB) di STKIP Persatuan Islam, kemudian tahun 2015 pindah mejadi Dosen LB PGSD Institut Pendidikan Indonesia hingga sekarang.

Adapun pengalaman berorganisasi, DR. Ajang masuk ke dalam pengurus harian PGRI Cabang Cisurupan dengan jabatan sekretaris (2010-2015). Ketua Cabang PGRI Kecamatan Cisurupan Garut (2015-2020).

Jiwa penulisnya begitu kental, dengan pengalaman menjadi wartawan dan redaktur majalah pendidikan Kandaga, (2009-2015). Penulis aktif untuk berbagai surat kabar dan majalah yaitu Pikiran Rakyat, Majalah Kandaga, Surat Kabar Garut Express, Majakah Suara Daerah PGRI Jawa Barat, Majalah Bhinneka Karya Winaya Disdik Jabar, Majalah Komunitas.

“Tahun 2020 higga sekarang, saya menjadi Ketua Asosiasi Guru Penulis (AGP) PGRI Kabupaten Garut 2020 dan Ketua Dewan Penyunting Jurnal Karya Ilmiah Balé Guru,” terangnya.

Selain itu, DR. Ajang menjadi peneliti dalam bidang Pendidikan Nilai dan Pendidikan Karakter. Dan menjadi narasumber pada berbagai seminar dan lokakarya Pendidikan Nilai dan Pendidikan Karakter.

Karya buku yang telah terbit oleh DR. Ajang adalah Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah (Penerbit : Yap Publish, 2016), Menatap Penelitian Tindakan Kelas (Penerbit: Yaprada, 2017), dan Model Pengembangan Budaya Sekolah Ramah Anak (Penerbit: Yaprada, 2019). ***Jajang Sukmana