Gemar Membaca, Ragen Banyak Meraih Prestasi

0
114

GEMAR Membaca dan Mengulik Teknologi Informasi, mengantarkan Siti Ragen, A.Ma.Pust., S.T., S.S.I., meraih penghargaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Jum’at, 21 Oktober 2022 di Graha Pustaloka, sebagai, “Pembaca e-Library (Candil) terbaik tahun 2022”.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Dr. Hening Widiatmoko, M.A., dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2022.

Ragen atau Gen panggilan akrab dari Siti Ragen, melalui WhatsApp menuturkan, CANDIL atau Maca Dina Digital Library ini merupakan official e-Library milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam aplikasi CANDIL, tersedia buku-buku dalam bentuk elektronik dari para pengarang yang berasal dari Jawa Barat maupun Nasional, Rabu (23/11/2022).

Ragen bersama Kepala Dispusipda Prov. Jawa Barat, Dr. Hening Widiatmoko, M.A.

Aplikasi CANDIL, terang Ragen, dapat di unduh di Google Play Store & pada situs kubuku.id/download/candil/ (untuk menginstal di Komputer).

Sejak tahun 2013 sampai sekarang Ragen bekerja di SMKN 2 Garut, saat ini Ragen bertugas sebagai Pengelola Perpustakaan Sekolah.

Selama bekerja Ragen pernah meraih lima prestasi yaitu, 1). Juara 2 Pustakawan Sekolah Berprestasi Jenjang SMK Se-Kabupaten Garut Tahun 2019; 2). Peserta Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019; 3). Pemustaka Paling Aktif Periode Januari Tahun 2022 dari Dispusipda Provinsi Jawa Barat; 4). Pemustaka Teraktif Periode Februari Tahun 2022 dari Dispusipda Provinsi Jawa Barat; dan 5). Pembaca E-Library (CANDIL) Terbaik Tahun 2022 dari Dispusipda Provinsi Jawa Barat.

Ragen menuturkan, dari kecil dirinya memang sudah suka dengan buku, bahkan jika diajak jalan-jalan oleh orang tuanya ke Supermarket/Pengkolan (Pusat Kota Garut), Ragen kecil lebih senang dan memilih ke bagian alat-alat tulis/ke Toko Buku. Selain memiliki hobi membaca Ragen juga senang mengulik perkembangan teknologi informasi, fotografi, dan memasak.

Ia mengajak untuk manfaatkan gadget/smartphone untuk membaca e-Book. Dengan membaca, terang Ragen, pengetahuan dan wawasan kita akan menjadi luas, serta dengan ilmu yang kita miliki, kita dapat membantu orang lain.

“Ayo budayakan gemar membaca, today a reader tomorrow a leader,“ pungkasnya. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here