Koordinator Guru Penggerak Melakukan Pelatihan Kepemimpinan untuk OSIS Penggerak Kabupaten Garut

0
86

kandaga.id – Koordinator Guru Penggerak jenjang SMP melakukan pelatihan LDKS untuk OSIS Penggerak Kabupaten Garut di Auditorium SMPN 1 Garut, Jl. Jend. A. Yani No. 43, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Selasa (23/11/2021).

Instruktur, Ita Habibie, S.Pd.I, mengatakan, dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) terhadap OSIS Penggerak Kabupaten Garut ini diikuti sebanyak 185 pelajar. Hal ini di lakukan, lanjut Ita, untuk memberikan pembelajaran kepemimpinan yang berpihak pada pelajar.

“Semua pelajar harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk memimpin pelajar yang lain apalagi ketua dan calon ketua OSIS, sudah pasti harus menjadi katalisasi dalam memimpin pergerakan pelajar di sekolahnya masing-masing,” ungkapnya.

Sebagai koordinator guru penggerak jenjang SMP dan koordinator umum serta pengurus guru penggerak lainya juga, tambah Ita Habibie, akan merencanakan adanya asosiasi OSIS penggerak di Kabupaten Garut, dan Duta Profil Pelajar Pancasila.

“Dengan adanya asosiasi OSIS penggerak Kabupaten Garut dan Duta Pelajar Profil Pelajar Pancasila. Mudah-mudahan harapkan tujuan pemerintah dalam mencetak Profil Pelajar Pancasila bisa lebih cepat terwujud di Kabupaten Garut,” ujarnya.

Ita Habibie mengungkapkan, untuk OSIS, asosiasi OSIS penggerak di wakili dari berbagai sekolah, dan untuk duta pelajar Pancasila akan di wakili dari jenjang SD. Sedangkan untuk jenjang SMK dan SMA, tegas Ita Habibie, sudah ada forum OSIS.

“Jadi kami kedepannya akan melakukan kolaborasi dan koordinasi dalam membina organisasi penggerak yang berpihak pada peserta didik dalam mewujudkan kemandirian berpikir dan gotong-royong dalam bekerja,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana