Membumikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa Magister TP IPI Angkatan 17 Gelar Webinar Teknologi Pendidikan

0
132

Menginjak tahun kedua, Corona Virus Disease (COVID-19) masih mewabah di negeri zamrud khatulistiwa. Tentunya, pandemi ini berdampak pada semua aspek kehidupan, terutama sektor pendidikan. Selama masa pandemi COVID-19, pendidikan di Indonesia perlu mengikuti alur “darurat” yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Regulasi ini membuat proses pembelajaran yang mulanya tatap muka langsung, kini beralih ke pembelajaran jarak jauh.

Namun, dalam rangka menciptakan pembelajaran yang bercorak “aktivitas modernisasi”, terutama di masa pandemi COVID-19, pendidik acap kali kesulitan untuk menghidupkan nuansa pembelajaran jarak jauh. Salah satu problematiknya ialah kurangnya kapabilitas untuk mendayagunakan media pembelajaran selama pandemi COVID-19.

Berangkat dari permasalahan tersebut, serta dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka mahasiswa Sekolah Pascasarjana (SPs), program Teknologi Pendidikan Angkatan 17, Institut Pendidikan Indonesia (IPI), mengadakan webinar dengan tajuk “Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Menyiasati Pelayanan Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19”. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual, melalui Zoom Meeting dan Live Streaming IPI TV, pada hari Sabtu (04/09/2021).

Narasumber Webinar Teknologi Pendidikan

Webinar ini menghadirkan para pakar yang berpengalaman, diantaranya Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., M.CE (Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan, SPs IPI), Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A. (Guru Besar UPI), Dr. H. Rudi Susilana, M.Si. (Ketua APS TPI), Drs. Aang Karyana, M.Pd. (KCD Wilayah XI Prov. Jawa Barat), Totong, S.Pd., M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan Kab. Garut), dan Apar Rustam, M.Pd. (Ketua SEGI Kab. Garut).

Dokumentasi Sambutan

Rektor IPI, Dr. Nizar Alam Hamdani, M.M. MT., M.Si., dan Direktur SPs IPI, Dr. Asep Nurjamin, M.Pd., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa di masa pandemi COVID-19 ini, program studi Teknologi Pendidikan SPs IPI berusaha memberikan kontribusi atas problematik yang muncul melalui penyelenggaraan webinar teknologi pendidikan.

Lebih lanjut, selaku Kepala Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) IPI, Dr. Hudiana Hernawan, M.S., turut mengapresiasi kegiatan webinar ini, sebab akan mendatangkan kebermanfaatan bagi masyarakat, khususnya bagi pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan.

Sementara itu, Endang Rubiandini sebagai Ketua Pelaksana webinar menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan. “Jumlah pendaftar yang telah melakukan registrasi ialah sebanyak 834, yang terdiri dari dosen, guru, teknolog, mahasiswa, dan masyarakat umum.” Peserta webinar berasal dari berbagai daerah, diantaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Aceh, Lampung, Bantaeng, Makasar, Manado, Papua, Kalimantan, dan wilayah lainnya.

Dokumentasi Webinar

Kedepannya, Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan SPs IPI, Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., M.CE., berharap webinar serupa tetap dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan oleh program studi Teknologi Pendidikan. Dengan demikian, berbagai teknologi pembelajaran mampu didiseminasikan kepada khalayak publik, sebagai bentuk inovasi di bidang pendidikan. ***Fitri Ayu Febrianti – Kandaga