Mewakili Provinsi Jawa Barat, Secara Daring IGI Garut Menggelar POP

0
73

kandaga.id – Sebagai organisasi profesi guru, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Garut menggelar salah satu amanat program Kemendikbud Ristek yaitu Program Organisasi Penggerak (POP) secara virtual dari tanggal 13-18 November 2021.

Gelaran dalam menyambut Hari Guru Nasional (HGN), sekaligus mendorong hadirnya Sekolah Penggerak (SP) dengan fokus utama pada kompetensi kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan dalam peningkatan proses hasil belajar peserta didik yang berkualitas, berkarakter terutama 6 literasi dasar yang dicanangkan pemerintah.

IGI Kabupaten Garut menjadi satu-satunya organisasi yang lolos dalam POP dari pusat untuk mewakili Provinsi Jawa Barat, bersama 11 provinsi lainnya dari 25 kabupaten/kota se-Indonesia.

Amanah yang dibebankan pada IGI Garut tersebut diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan pada guru-guru jenjang SMP, dengan jumlah pelatihan sebanyak 7 instruktur dalam 6 bidang mata pelajaran dan 1 instruktur untuk pelatihan kepala sekolah.

Ke-7 instruktur daerah tersebut yaitu, Darsono, S.Pd., M.Pd. (Bidang Kepala Sekolah), Laely Nurhayati, S.Ip. (Bidang Mapel PPKn), Siti Nuraini, S.Pd., M.Pd. (Bidang Mapel IPA), Karnata Adiwiria, S.Pd. (Bidang Mapel IPS), Dudung Rukmana, M.Pd. (Bidang Mapel Matematika), Hj. Rd. Elmi Aeni Maliki, S.Pd., M.M. (Bidang Mapel Bahasa Indonesia), dan Wina Dwina Hermayanti, S.Pd. (Bidang Mapel Bahasa Inggris).

Pelatihan dilaksanakan Daring menggunakan Learning Management System (LMS) baik secara syncronous & asyncronous juga dibantu aplikasi zoom meeting maupun google meet untuk pelatihannya dan tatap muka langsung untuk pendampingan.

Secara resmi pelatihan dibuka pada tanggal 13 November 2021, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Garut yang diwakili oleh Kabid Data dan Ketenagakerjaan DR. Cecep Firmansyah, M.Pd.

Adapun kebijakan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan kabupaten/kota sasaran, dan juga Ketua IGI Wilayah Provinsi Jawa Barat, Anwar Sanusi, M.Pd., yang memaparkan tentang Strategi dan Peran Ikatan Guru Indonesia (IGI) dalam Peningkatan Kompetensi Guru serta Wakil Ketua IGI Pusat, DR. Jasmansyah memparkan Konsep Implementasi Program Organisasi Penggerak Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Ketua IGI Garut, Nono Kartono, ST., menyampaikan bahwa program ini dilaksanakan terhadap 9 SMP sasaran, dimulai sejak tanggal 13-18 November 2021 secara Daring dan tanggal 22-25 November 2021 direncanakan akan dilakukan pendampingan kesekolah sasaran.

“Kami dari Panitia Daerah POP dan IGI Garut mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kemendikbud Ristek, IGI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut untuk melaksanakan kegiatan ini,” ujar Nono, melalui WhatsApp, Rabu (17/11/2021) malam.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut menyambut baik, karena kegiatan ini merupakan sesuatu yang dibutuhkan di era sekarang.

“Kami berharap kepada kepala sekolah dan guru yang mengikuti pelatihan mengikuti dengan sebaik-baiknya sehingga ilmunya nantinya dapat diterapkan di sekolah masing-masing. Endingnya adalah peningkatan pada kualitas manajemen dan pembelajaran di sekolahnya masing-masing,” tandasnya.

Dengan dilaksanakan kegiatan POP ini, menjadi salah satu gebrakan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Garut yang disampaikan Ketua Panitia Daerah POP IGI Kabupaten Garut, Ita Octavia Rahayu Kurniasih, M.Pd.I. ***Jajang Sukmana