Pasanggiri Sunda Siswa SMK Tahun 2021 di Kabupaten Garut Sukses

0
112

kandaga.id – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Basa Sunda bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Garut secara virtual menyelenggarakan Pasanggiri Sunda Siswa SMK Tahun 2021 (PS3221).

Perlombaan atau Pasanggiri yang diikuti 49 peserta ini telah selesai dan sukses, dengan menghasilkan 15 juara (pinunjul) serta 9 juara harapan.

Hal itu terungkap, dengan digelarnya istrenan pinunjul atau penyerahan piala dan piagam kepada para juara yang dibuka Kepala KCD Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat, Drs. H. Aang Karyana, M.Pd., bersama Kabid SDM, Ketua MKKS SMK Kabupaten Garut, Acep Sundjana Djakaria, SE., MM., dan Ketua MGMP Basa Sunda, Ahmad Yani, S.Pd., M.Pd., di Auditorium KCD Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat, di Jl. A. Yani, Kecamatan Garut Kota, Selasa (14/09/2021).

Perlombaan ini salah satu bentuk upaya mempertahankan sekaligus mengembangkan kembali seni budaya Sunda kepada generasi, yang kian hari kian tergerus zaman dengan perkembangan teknologi begitu pesat.

Untuk itulah, Kepala KCD, H. Aang mengucapkan syukur Alhamdulillah serta mengapresiasi dengan digelarnya pasanggiri Sunda. Dan ini sangat perlu disampaikan kepada generasi kedepannya. H. Aang berharap melalui pasanggiri Sunda ini, selain sebagai bentuk memelihara juga mempertahankan sekaligus memperkuat kembali bahasa, seni dan budaya Sunda.

Pihaknya akan menggandeng MKKS SMK juga MGMP Basa Sunda untuk memusyawarahkan eksistensi basa Sunda kedepannya. Dan berharap dapat masuk di anggaran KCD untuk mendukung kegiatan-kegiatan MGMP Basa Sunda.

Sebagai alumni UNPAD dari Fakultas Sastra Sunda, H. Aang, mengingatkan agar setiap langkah dan gerak harus dievaluasi, sehingga capaian dan prestasi terukur dengan pasti.

Hal senada diungkapkan Ketua MKKS SMK Kabupaten Garut yang mengucapkan syukur Alhamdulillah, meskipun pasanggiri Sunda secara virtual, peserta dan pembinanya sangat antusias dan kompak.

Dirinya yang mengurusi 184 SMK se Kabupaten Garut merasa bersyukur, ternyata banyak yang mencintai terhadap basa Sunda, dan berhasil meraih 4 emas, 2 perak di pasanggiri Sunda tingkat provinsi.

Acep mengaku, baru kali ini mendapat prestasi sebanyak itu, dan itu tidak terlepas dari kekompakan semua pihak. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih dan berjanji akan mendukung serta mendorong untuk keberlangsungan kegiatan MGMP Basa Sunda, agar peserta didik tak henti meraih prestasi.

Sementara itu, Ketua MGMP Basa Sunda, Ahmad Yani, S.Pd., M.Pd., mengucapkan terima kasih kepada MKKS SMK, Kepala KCD, dan para donatur yang telah peduli terhadap keberlangsungan Basa Sunda.

Dirinya mengakui dalam perjalanannya banyak menemui kendala, namun dalam pasanggiri Sunda ini, Alhamdulillah antusias peserta cukup luar biasa, dan ini sebagai bukti eksistensi MGMP Basa Sunda.

Ahmad Yani berharap untuk kedepannya guru basa Sunda masuk dalam formasi PPPK, karena guru basa Sunda makin berkurang di berbagai jenjang satuan pendidikan. ***Jajang Sukmana