PSP 047 Melakukan Pendampingan Mandiri Kurikulum Merdeka

0
97

CILEDUG, (kandaga.id).- Sejumlah 87 guru angkatan-1 dan angkatan-2 dari lima Program Sekolah Penggerak Angkatan I (PSP 047) mengikuti pendampingan mandiri Kurikulum Merdeka di SDN 2 Kota Kulon, Jl. Ciledug No. 213, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Sabtu (4/6/2022).

Pendampingan dihadiri Kepala SDN 2 Kota Kulon, Kepala SDN 1 Margawati, Kepala SDIT Atikah Musaddad, Kepala SDIT Assalam, dan Kepala SDN 3 Lebak Jaya Karangpawitan.

“Tahun sebelumnya PSP diterapkan kepada kelas 1, 4, guru olahraga dan agama. Pendamping sekarang untuk diseminasI kelas kelas 2 dan 5, sekaligus kelas 6 karena berdekatan,” ujar Kepala SDIT Atikah Musaddad, Suwarso, S.Ag., M.Pd., dengan diamini kepala sekolah lainnya..

Guru angkatan-1 menerima materi dari pendamping ahli, DR. Asep Angga, M.Pd., tentang pengantar kurikulumnya merdeka, program sekolah penggerak, pendidikan yang memerdekakan, aktor sekolah penggerak, kompetensi guru yang selanjutnya tindak lanjut penyusunan administrasi pembelajaran.

Begitu juga guru angkatan-2 menerima materi yang sama, hanya pembeda ada materi penyusunan perangkat pembelajaran yaitu kerangka kurikulum, struktur kurikulum, alur perancangan pembelajaran yang disampaikan pendamping ahli Nety Adjroniawaty, S,H., M.Kn., M.Pd., selaku pembina kelima PSP tersebut, kemudian dilanjutkan praktek penyusunan  administrasi pembelajaran.

Sedangkan bagi kepala sekolah, DR. Asep Angga menambahkan dalam materinya tentang kompetensi guru, menyusun format supervisi kelas (mandiri), dilanjutkan dengan praktek dan tindak lanjut penyusunan administrasi pembelajaran.

Dalam hal ini, guru angkatan-1 membawa dokumen pembelajaran yang telah disusun di sekolah (Skema Pembelajaran, CP, TP, Buku Teks, Asesmen Diagnostik, Modul Ajar). Guru angkatan-2 membawa dokumen K-13 yang tersedia di sekolah masing-masing, dan kepala sekolah membawa format supervisi kelas dari sekolahnya masing-masing. ***Jajang Sukmana