Punya Suara Merdu, Lilis Tetap Bangga Menjadi Seorang Guru

0
106

Tak menyangka SDN 4 Kota Kulon di Jl. Dayeuhandap, Kecamatan Garut Kota memiliki guru yang punya suara merdu, dia adalah Lilis Machdarini, S.Pd., kelahiran Garut. 30 September 1982.

Dia anak ke-5 dari 7 bersaudara dari pasangan Djuhandi Al Machdar dan ibu Ikah Atika yang merupakan PNS ABRI, dan punya tiga saudaranya anggota KOPASSUS.

Dari hasil pernikahannya, dengan orang Kebumen yang bernama Eko Satriyo, Lilis dikaruniai dua anak yang diberi nama Azzam Satria Putra, dan Aisha Satriani Putri.

“Alhamdulillah sekarang saya mengajar di SDN 4 Kota Kulon sebagai Guru Kelas 5, yang kini dipimpin oleh Plt kepala sekolah Bapak Yadi Supriadi, S.Pd,” ucap Lilis, yang mengaku, mengajar di SDN 4 Kota Kulon sejak tanggal 1 Oktober 2014, Rabu (21/9/2022).

Lilis mengatakan, banyak pengalaman yang di dapat dari SDN 4 Kota Kulon ini, misalnya pada tahun 2015, saat sekolah ini masih bernama SDN 7 Kota Kulon dan dipimpin Ateng, S.Pd., menggelar acara Samen dibantu Aa Mulyana, S.Pd sebagai pelatih. Mulai dari disitulah benih-benih seni suara tertanam dan terlatih.

“Berkat motivasi dan dukungan dari kepala sekolah, guru-guru dan keluarga, saya terpilih menjadi tim Paduan Suara PGRI yang dibina Ibu Anita Istiani, S.Pd., M.Pd (sekarang Korwil). Alhamdulillah saya bergabung di tim Paduan Suara kabupaten, dan setiap mengikuti perlombaan tim PGRI selalu menjadi juara sampai sekarang,” ungkapnya.

Dari pengalamannya, Lilis menerapkan dalam pembelajaran ke siswa, mengenalkan permainan alat musik dan melatih paduan suara untuk upacara bendera di sekolah sampai sekarang.

Kegigihan dan rasa cintanya terhadap seni, kini Lilis punya akun youtube yang bernama De Lilis http://www.youtube.com/c/De yang digunakan untuk pengembangan dan kemampuannya, meskipun meskipun masih banyak kekurangan dan masih terus berlatih.

“Saya bangga menjadi seorang guru, rekan-rekan guru di SDN 4 Kota Kulon solid, kompak dan kekeluargaan terjalin, sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman. Begitu juga siswanya yang beragam, selalu menyayangi kami semua,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana