SDN 4 Sukanegla Implementasikan Profil Pelajar Pancasila di FTBI

0
123
Faixiyah Cahya Handita foto bersama guru dan pembimbingnya.

GARKOT, (kandaga.id).- Pasca ditetapkannya sebagai sekolah penggerak, SDN 4 Sukanegla Kecamatan Garut Kota terus berbenah memajukan kualitas pendidikan, mulai dari penataan dan pemenuhan kebutuhan sarana prasarana, pembinaan dan penguatan SDM, termasuk mengimplementasikan kurikulum merdeka profil pelajar Pancasila.

Hal itu terbukti dari salah satu siswanya kelas 4, Faixiyah Cahya Handita berhasil meraih juara 1 Biantara pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kecamatan yang berlangsung di kompleks SDN 1, 2 Kota Kulon, Selasa (20/9/2022).

Kepala SDN 4 Sukanegla, Sudrajat Cahya Gumilar, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan, capaian ini tak lepas dari visi sekolah yaitu terwujudnya pribadi yang agamis, jenius, aktif, terampil dan cinta lingkungan.

“Alhamdulillah, meski hanya satu siswa meraih juara, tapi itu merupakan bukti nyata dari Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan Program Merdeka Belajar Episode ke-17 tentang Revitalisasi Bahasa Daerah,” ucapnya.

Penerapan Projek Profil Pelajar Pancasila.

Ia mengaku bangga, walau lokasi sekolah di kampung, prestasi dan kemajuan juga kualitas sekolah menyamai sekolah di perkotaan. Bahkan, terang Sudrajat, sekolah yang dipimpinnya telah memiliki perpustakaan digital yang dapat diakses oleh siswa, guru dan orang tua.

“Dengan konsep mempelajari bahasa Indonesia, bahasa Asing dan tentunya bahasa Sunda, kami sebagai sekolah penggerak sudah pasti berkewajiban untuk menjaga serta melestarikan bahasa daerah,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana