Siswa SDN 5 Sukamentri Akan Mewakili Kecamatan di FTBI Tingkat Kabupaten

0
131

GARKOT, (kandaga.id).- Tiga dari 14 siswa SDN 5 Sukamentri berhasil meraih juara Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kecamatan yang berlangsung di kompleks SDN 1, 2 Kota Kulon, Selasa (20/9/2022).

Dua diantaranya dari mata lomba Ngabodor Sorangan (Borangan) yang dikirimkan, keduanya berhasil meraih juara, yaitu Muhammad Habibi Raipan berhasil meraih Juara 1 putra, dan Amira Hasna Luthfiyah berhasil meraih Juara 2 putri, sedangkan Firelsya Mailla Putri Riswanto berhasil meraih Juara 2 Harapan Pupuh putri.

Kepala SDN 5 Sukamentri, H. Yusep Kartima, S.Pd., M.MPd., mengapresiasi dengan adanya FTBI, karena selain dijadikan untuk motivasi juga dapat menumbuhkembangkan kecintaan siswa pada bahasa dan budaya Sunda.

Menurut Yusep, dalam keseharian penggunaan bahasa Sunda terjadi penurunan bahkan bercampur dengan bahasa Indonesia. Untuk itu, Yusep berharap, FTBI ini jadi agenda rutin tahunan, supaya dapat meningkatkan keberlangsungan serta lebih mencintai bahasa dan budaya Sunda.

“Bukan hanya siswa yang ikut FTBI saja untuk lebih mengenal serta mencintai bahasa dan budaya Sunda, tapi semua siswa, termasuk mempraktekkannya dalam sehari-harinya,” harapnya.

Yusep mengajak, untuk lestarikan budaya Sunda dengan membiasakan diri menggunakan bahasa Sunda yang baik dan benar, jaga sopan santun kepada yang lebih tua atau sesama.

“Terima kasih kepada seluruh guru yang sudah melatih dan membimbing siswa, bahkan dapat meraih prestasi,” pungkasnya.

Sementara itu, guru kelas VI, Gita Florensia, S.Pd., mengatakan, persiapan untuk FTBI ini hanya dua pekan untuk menyeleksi siswa terbaik dari yang terbaik.

Guru-guru yang solid dan saling support di SDN 5 Sukamentri : Hj. Herni, Resna, Rinrin, Wenda, Rosa, Sri, Gita, Budi, Iqbal, Resvi, Erna Herlia, Yosep.

Adapun siswa terpilih, terang Gita, mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari Pak Iqbal Nugraha, Ibu Sri Rahayu guru kelas 5, dan guru-guru lainnya yang turut mensukseskan dan mematangkan siswa untuk jadi perwakilan.

“Luar biasa, bapak kepala sekolah yang hebat, luar biasa sangat mendukung penuh dalam acara ini. Dan semoga kesolidan ini terus terjaga, membimbing dan mencetak siswa berprestasi dan membawa nama baik sekolah. ***Jajang Sukmana