RAGEM, Wahana Karya Anak SMPN 1 Cibalong yang Mendunia

0
143
Kepala SMPN 1 Cibalong, Ridwan, S.Pd., di tengah aktifitas Workshop Pencegahan Perundungan di Hotel Grand Mercure Bandung beberapa waktu lalu. (dok. pribadi).

SMPN 1 CIBALONG sebagai bagian dari Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 1, berhasil mengembangkan inovasinya di bidang teknologi, dengan menerbitkan Website dengan nama Remaja Gemar Membaca & Menulis (RAGEM), dan aplikasi RAGEM ini sudah tersedia di https://play.google.com/store/apps/details?id=id.ragem.webapp

Kepala SMPN 1 Cibalong, Ridwan, S.Pd., mengatakan, penerbitan Website RAGEM ini, sebagai upaya dalam
Pengembang Projek Profil  Pelajar Pancasila (P5), yang selaras dengan era transformasi digitalisasi, yakni penerapan teknologi digital melalui koneksi jaringan internet.

Selain itu, berupaya mewujudkan proses pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology), diantarnya dengan menyajikan informasi melalui berita aktivitas pengembangan pendidikan dengan tagline Wahana Karya Anak Bangsa Mendunia.

Perwakilan Komite Pembelajaran SMPN 1 Cibalong, Iwan Sutiawan, S.Si mempresentasikan karya projek Website RAGEM di Hotel Sabda Alam, Cipanas Garut, Kamis (4/11/2022).

Website RAGEM diterbitkan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) serta Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), terkait Projek Penguatan Profil Pancasila Program (P5).

“Bangunlah jiwa dan ragaku, tema ini memiliki fungsi utama selain sebagai dokumentasi aktivitas program sekolah dan administrasi sekolah secara permanen serta sebagai laporan kegiatan yang dapat diakses semua pihak,” ujar Kepala SMPN 1 Cibalong, Ridwan, S.Pd., melalui WhatsApp, Jumat (11/11/2022).

Ia memaparkan, Website RAGEM memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai wadah penuangan karya jurnalistik siswa hasil pembinaan dari kegiatan ekstra kurikuler jurnalistik, sebagai media pembelajaran berbasis baca tulis penunjang keterampilan dalam pengajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Sunda.

Selain itu, sebagai sarana untuk menampung aktivitas siswa dan warga sekolah dalam belajar menulis, fotografi dan karya jurnaslistik lainnya, untuk mendidik warga sekolah agar gemar membaca dan menulis (optimalisasi literasi)

“Optimalisasi potensi bakat dan minat siswa dan warga sekolah seiring paradigma optimalisasi digitalisasi dan merdeka belajar PSP,” terang Ridwan.

Melalui penerbitan Website RAGEM ini, diharapkan mampu menginspirasi dan memotivasi siswa dan warga sekolah serta para pengunjung untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga pada gilirannya dapat melahirkan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here