Semarak Memperingati HUT RI ke-77 di SD Muhammadiyah 4 Garut Kota

0
319

REGOL, (kandaga.id).- Kemeriahan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 diperlihatkan SD Muhammadiyah 4. Meskipun tak semarak seperti tiga tahun yang lalu, namun kemeriahan dan antusias tetap tak pudar.

Kepala SD Muhammadiyah 4, Popi heryanti, S.Pd.SD., mengatakan, di sekolah yang dipimpinnya setiap tahun selalu menyelenggarakan berbagai perlombaan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI. Namun, karena pandemi Covid-19 selama dua tahun kegiatan itu terhenti.

“Ini untuk pertama kami menyelenggarakan kegiatan, dan Alhamdulillah baik siswa maupun guru begitu antusias dalam perlombaan, mereka senang dan bahagia meskipun harus berpanas-panasan di tengah teriknya matahari,” ucapnya, Senin (15/8/2022).

Perlombaan sudah tertata, dengan masing-masing kelas empat mata lomba, kecuali untuk lomba berbusana unik dan kreatif yang dikenakan siswa, karena tergantung dari orangtuanya.

“Kami hanya memberikan bola plastik yang sudah rusak untuk dibelah dijadikan topi oleh anak-anak, kreatif dan aksesoris serta memberi warna merah putih itu oleh orang tuanya, dan itu jadi penilaian lomba berpakaian kreatif, unik, serta bermakna,” tambahnya.

Menurut Popi, lomba yang dilaksanakannya bukan hanya sekadar lomba semata, tapi untuk mengedukasi siswa terutama dalam hal pembentukan profil pelajar Pancasila sesuai dengan kurikulum Merdeka.

“Dalam diri anak-anak akan tertanam jiwa gotong-royong, jika ingin jadi pemenang dia harus konsentrasi dalam lomba, disiplin, jujur, taat aturan, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Terpantau, keceriaan dan tawa menghiasi dalam setiap perlombaan diantaranya pada lomba menari sambil menjaga balon di atas kerudung, memecahkan balon dengan kaki, memindahkan karet gelang dengan sedotan, membawa kelereng dengan sendok, mengenakan pakaian, memecahkan air, memecahkan balon, makan kerupuk, lari dan tari mengenakan sarung, balap karung, dan lain sebagainya. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here