SMAN 1 Garut Pioneer Melaksanakan Vaksinasi

0
213

kandaga.id – Satuan pendidikan khususnya di Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XI Jawa Barat sepakat menginginkan sehat dan segera melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Untuk itulah Kepala KCD Wil. XI, Aang Karyana bersama Kepala SMAN 1 Garut, Drs. Sumpena Permana Putra, SH., M.MPd., turun langsung mengawal pelaksanaan vaksinasi kepada sejumlah 1.296 peserta didik SMAN 1 Garut di Sentra Vaksinasi BPBD Jabar yang digelar di Gedung Pendopo, Kamis (29/07/2021).

Kepala SMAN 1 Garut, Drs. Sumpena Permana Putra, SH., M.MPd.

“Vaksinasi ini sesuai dengan instruksi Pak Gubernur bahwa bulan Desember harus sudah selesai, dan Kabupaten Garut sebenarnya beruntung punya Sentra Vaksinasi BPBD yang hanya ada enam di Jawa Barat,” ucap Aang.

Peserta didik daftar secara mandiri, sama seperti umum secara online, mungkin karena ada kerjasama yang baik dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN 1 Garut, sehingga dalam pelaksanaan vaksinasi ini lebih cepat dan sehari selesai semuanya.

Vaksinasi SMAN 1 Garut ini bisa dikatakan Pioneer di Kabupaten Garut. Untuk itu, Aang mengimbau kepada seluruh peserta didik dan keluarganya, serta masyarakat agar divaksinasi seperti memanfaatkan vaksinasi di Pendopo ini. Dan kepada semua sekolah agar segera mendaftarkan ke link www.sentravaksinjabar.id., untuk melakukan vaksinasi.

Supaya dapat memberikan ketenangan bagi semua pihak, menurut Aang, divaksin tidak bisa masing-masing. Guru, peserta didik dan keluarganya harus sama-sama divaksin. Untuk itu, guna mengantisipasi peserta didik contohnya di selatan, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan agar Sentra Vaksinasi seperti ini bisa dilakukan di puskesmas-puskesmas khususnya untuk peserta didik, guru dan keluarganya.

Hal senada dikatakan Kepala SMAN 1 Garut, Drs. Sumpena Permana Putra, SH., M.MPd., supaya segera melakukan KBM tatap muka, maka semua peserta didik beserta keluarganya harus divaksin.

“Alhamdulillah hari ini ada 1000 lebih peserta didik SMAN 1 Garut yang melakukan vaksinasi, sisanya ada yang sakit dan ada yang sudah divaksin,” ucapnya.

Dua peserta didik SMAN 1 Garut, Maitsa (XI IPS 2), dan Naiya (XI IPS 2) mengatakan, kegiatan vaksinasi ini sangat bagus, selain untuk kesehatan juga KBM tatap muka dapat segera dilaksanakan seperti sebelum pandemi Covid-19. Menurut mereka, PJJ yang selama ini dilakukan tidak efektif, terutama dengan jaringan internet.

Terpantau, seluruh peserta didik SMAN 1 Garut yang melakukan vaksinasi di Sentra Vaksinasi ini dibimbing dan diarahkan oleh petugas yaitu, H. Asep Rustiawan, M.M (Wakasek Kesiswaan), Drs. Undang Suheryawan F., M.Pd. (Wakasek Humas), Ayi Dandi Suhandi, S.Pd., M.Pd. (Wakasek Sekolah’ Sehat), Dra. Heni Herlina, M.Pd. (Staf Waksek Sekolah’ Sehat), Hesti Kristianti, S.Pd., M.Pd. (Koordinator Ekstrakurikuler), Herdian Jaya Lesmana, S.Pd. (Pembina OSIS), Eneng Erliani, S.Pd. (Pembina UKS/PMR), Ardy Rahman Taufik, S.Si. (Guru), Pepen Permana (Staf TU), Rohmat Slamet dan Hilmi (Siswa)

Adapun jadwal vaksinasi, untuk kelas X dan keluarganya pukul 08.00 – 09.30 WIB, kelas XI dan keluarga pukul 09.30 – 11.00 WIB, dan kelas XII pukul 11.00 – 12.30 WIB, serta berbagai persyaratan lainnya. ***Jajang Sukmana