SMPN 2 Cilawu Berhasil Meraih Juara Pertama, Olimpiade PPKn Tahun 2021

0
119

“Memanusiakan Manusia”

Itulah judul sebuah film pendek dari empat peserta didik SMPN 2 Cilawu yang berhasil meraih juara pertama pada Olimpiade PPKn Empat Pilar Kebangsaan Tingkat Kabupaten Garut tahun 2021, yang diselenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn Kabupaten Garut, melalui video virtual.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan kreatifitas siswa dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang tercermin dalam Empat Pilar Kebangsaan ini, untuk pendaftaran dan penyerahan video sediri sejak tanggal 22 Maret hingga 30 April 2021, dan pengumuman juara tanggal 10 Mei 2021 di SMPN 1 Tarogong Kidul.

Atas binaan Rotati Atat, S.Pd (Guru PPKn ), Citra Cintya, S.Pd (Guru PPKn), dan Rezdy Anugerah Perdana, S.kom (Guru TIK). Keempat peserta atau pemain yaitu Indah Fitriani (Kelas 8H), Rio Reval Albian (Kelas 8H), Hafidz Aldi Afrizal (Kelas 8A), dan Rusdan Munawar (Kelas 8A), telah berhasil menambah pundi prestasi SMPN 2 Cilawu, dengan memanfaatkan syuting video di lingkungan SMPN 2 Cilawu.

Kepala SMPN 2 Cilawu, Yaya Sunarya ,S.Pd., M.Pd., mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana Olimpide PPKn tingkat SMP se-Kabupaten Garut tahun 2021, yang telah sukses dalam melaksanakan kegiatan tersebut, serta memberikan penilaian yang sangat objektif pada seluruh peserta.

“Kami ucapkan selamat kepada peserta didik SMPN 2 Cilawu yang telah menorehkan prestasi, sangat membanggakan dengan meriah juara pertama pada Olimpiade PPKn tingkat SMP se-Kabupaten Garut tahun 2021,” ucap Yaya melalui WhatsApp, Senin (26/07/2021).

Meskipun proses pembelajaran secara umum masih terkendala wabah Covid-19 dan pembelajaran masih jarak jauh, namun guru pembimbing tak henti membina dan mengarahkan siswanya untuk dapat berprestasi.

“Terima kasih kepada seluruh staf guru SMPN 2 Cilawu yang tanpa lelah membina dan mendidik siswa meskipun dalam masa pandemic COVI-19,” ungkap Yaya.

Yaya berharap, kegiatan ini tetap terselenggara, karena sangat bermanfaat untuk menumbuhkan kreatifitas siswa dan nilai-nilai kebangsaan yang tersirat dalam Empat Pilar Kebangsaan.

Pembina Rotati Atat, S.Pd., mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah yang telah mendukung penuh dalam keikutsertaan siswa SMPN 2 Cilawu pada kegiatan Olimpiade PPKn tingkat SMP se-Kabupaten Garut tahun 2021.

“Terima kasih juga kepada rekan-rekan guru telah memberikan motivasi yang berharga kepada siswa, sehingga dapat memperoleh prestasi yang sangat membanggakan dan membawa nama baik SMP Negeri 2 Cilawu di Kabupaten Garut,” ungkap Rotati.

Ucapan terima kasih juga disampaikan salah satu perwakilan peserta didik SMPN 2 Cilawu, Indah Fitriani (kelas 8H), kepada kepala sekolah, bapak/ibu guru SMPN 2 Cilawu yang senantiasa mendidik, membimbing dalam segala hal, termasuk dalam keikutsertaan dalam Olimpiade PPKn tingkat SMP se Kabupaten Garut.

“Alhamdulillah, berkat dukungan penuh seluruh civitas SMPN 2 Cilawu, kami berhasil meraih yang terbaik sebagai juara pertama Olimpiade PPKN tingkat SMP se-Kabupaten Garut. Mudah-mudahan bapak/ibu guru semua senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT., sehingga terus bisa mendidik kami, dan dapat meraih apa yang di cita-citakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua MGMP PPKn Kabupaten Garut, Asep Rusmayadi Purwadi, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan nilai-nilai Empat Pilar Kebangsan khususnya jenjang SMP di Kabupaten Garut.

“Empat Pilar Kebangsaan merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat, dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat,” jelas Asep, nilai-nilai luhur itu adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan dan Bhinneka Tunggal Ika. ***Jajang Sukmana