Tinggal Dilantik, Kegiatan Calon Pengawas Sekolah Gelombang 1 Berakhir

0
53
Cawas SD, Wawan Sopyan, S.Pd., M.Pd., menunjukkan buah karya kelompoknya (kelompok 4), Sabtu (02/10/2021).

Kandaga.id – Setelah menempuh berbagai tahapan dalam proses pencalonan pengawas sekolah gelombang 1, dari jenjang TK, SD, dan SMP se-Kabupaten Garut hari ini berakhir dengan kegiatan Gelar Karya Inovasi yang dilaksanakan di SDN 1 Kota Kulon, di Jl. Ciledug No. 213, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Sabtu (02/10/2021).

Gelar karya yang dibuka mulai dari pukul 09.00-12.00 WIB ini, diikuti sebanyak 35 calon pengawas sekolah, terdiri dari jenjang TK sebanyak 3 orang, SD sebanyak 23 orang, dan SMP sebanyak 9 orang.

Dari ke 35 Cawas tersebut kata salah seorang calon pengawas dari kelompok 4, Wawan Sopyan, S.Pd., M.Pd., dibagi 7 kelompok dengan masing-masing 5 orang, dan setiap kelompok sifatnya kolaborasi dari jenjang TK, SD, dan SMP untuk bersama-sama terkonsentrasi membuat karya inovasi, untuk menampilkan karya-karya terbaik mulai dari On the Job Training (OJT-1), yaitu menerima materi melaksanakan tugas, pendampingan, mentoring sampai dengan pendampingan kembali.

Cawas SD, Tina Palita, S.Pd., MM dari Kecamatan Cisurupan, menunjukkan buah karya kelompoknya (kelompok 4), Sabtu (02/10/2021).

Kemudian, kata Wawan, masuk ke OJT-2, ada pemeriksaan hasil kerja atau progres. Dan terakhir ini In Service Training (IST), IST itu ada dua kegiatan yaitu IST-1 di Solo selama 5 hari, dan IST-2 dilaksanakan di Gedung PGRI Kabupaten Garut selama 2 hari dari tanggal 28-29 September 2021dengan kegiatan diakhiri presentasi, post test.

Jadi kata Wawan, kegiatan seleksi dan pelaksanaan melalui Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Solo telah berjalan selama 2 bulan yaitu dari tanggal 6 Agustus-2 Oktober 2021. Dan hari ini, tambah Wawan, merupakan kegiatan terakhir dengan melaksanakan gelar karya.

“Nah untuk kegiatan OJT-2, kita action melaksanakan kegiatan, supervisi segala macam itu 38 hari, termasuk hari ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Garut, Drs. H. Mahdar Suhendar, M.Pd., didampingi Korwil, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., mengatakan, hari ini merupakan puncaknya kegiatan calon pengawas gelombang 1.

Ketua PGRI Kabupaten Garut, Drs. H. Mahdar Suhendar, M.Pd.

“Jadi dalam penutupan hari ini, dari Widyaiswara Solo akan memberikan informasi tentang kegiatan yang lainnya,” ucapnya.

H. Mahdar berharap, hari ini tutup, semua calon pengawas lulus dan tahun ini juga semua harus dilantik oleh bupati, ditempatkan. Karena semua jenjang sekolah kurang pengawas.

Gelar karya inovasi calon pengawas ini secara resmi di tutup Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., yang sebelumnya ditinjau dari Widyaiswara Solo, Bidang Data dan Ketenangan, Kasi GTK, Ketua PGRI, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, KKPS, FKKKS SD, para pengawas dan kepala sekolah se-Kecamatan Garut Kota, juga para calon pengawas gelombang 2. ***Jajang Sukmana