Wabup Helmi Membuka Donor Darah SMKN 1 Garut

0
65

kandaga.id – SMKN 1 Garut membangun karakter kemanusiaan yang dikemas dalam bentuk donor darah. Kegiatan seperti ini sesuai dengan harapan pemerintah dalam membatu dan menyelamatkan masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Atas dasar itulah, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman selaku Ketua PMI Kabupaten Garut mengucapkan syukur Alhamdulillah, warga SMKN 1 Garut dapat mendonorkan darah untuk menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan bantuan darah.

“Ini kegiatan kemanusiaan semoga ikhlas, ridho dan Insyaallah Allah SWT mencatat jadi amal kebaikan kita serta Allah SWT memberi kita sehat,” ungkap Wabup Helmi, pada membukaan donor darah di area terbuka Sasana Wibawa Mukti SMKN 1 Garut, Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (08/09/2021).

Dimasa pandemi, semua daerah mengalami kekurangan pasokan darah, termasuk Kabupaten Garut yang membutuhkan kurang lebih 2.000 labu darah setiap bulannya.

Untuk itulah, dengan PPKM level 2 ini PMI Kabupaten Garut mulai menjalankan kembali kegiatan donor darah, mengedukasi masyarakat, dinas-dinas di pemerintahan termasuk desa-desa, organisasi-organisasi, terutama para pelajar yang sudah berusia 17 tahun untuk mendonorkan darahnya.

Agar tidak kesulitan mencari dalam memenuhi kebutuhan darah, Ketua PMI Kabupaten Garut mengharapkan ada donor-donor rutin. Selain itu, Wabup Helmi juga mengajak, untuk peduli terhadap sesama ah yang membutuhkan darah.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Garut bersama Camat Tarogong Kidul dan Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Garut melihat secara langsung prosesi donor darah di ruang UKS, tak lama kemudian Wakil Bupati Garut melanjutkan agenda kegiatan ke tempat lainnya.

Atas prakarsa Camat Tarogong Kidul, Doni Rukmana, pelaksanaan donor darah di SMKN 1 Garut ini berkerjasama dengan Puskesmas Haurpanggung, Jabar Bergerak, dan PMI Kabupaten Garut, dengan mengusung tema “Meningkatkan kesadaran akan kontribusi pendonoran darah agar dapat berguna bagi kesehatan masyarakat dari SMKN 1 Garut”.

Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd., yang juga Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Garut mengucapkan syukur Alhamdulillah dan terima kasih kepada Ketua PMI Kabupaten Garut dan Camat Tarogong Kidul, yang begitu memperhatikan terhadap civitas SMKN 1 Garut.

“Semoga donor darah ini bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan darah,” ujarnya.

Camat Tarogong Kidul terus memantau pelaksanaan donor darah, dan juga Kepala SMKN 1 Garut menyempatkan diri berbincang dengan beberapa peserta donor darah di ruang UKS.

Banyak manfaat dari donor darah, selain bentuk kemanusiaan juga menyehatkan bagi pendonornya. Dan bagi pelajar yng belum tahu golongan darahnya akan tahu, karena tertera golongan darah di kartu pendonor, termasuk bagi PMR di sekolah akan mempunyai catatan tersendiri.

Baik pemerintah maupun pihak SMKN 1 Garut kegiatan donor darah ini dapat dilaksanakan secara rutin, bahkan harus jadi habits bagi civitas SMKN 1 Garut. Selain itu, diharapkan sekolah-sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Garut, melaksanakan donor darah seperti SMKN 1 Garut. ***Jajang Sukmana