Berpakaian Tradisional, Anak SD Antusias Sambut Peresmian Stasiun KA Garut-Cibatu

0
263

KANDAGA.ID – Sebanyak 200 anak dan 40 guru jenjang SD di Lingkungan Korwil Pendidikan Garut Kota, berpakaian tradisional sambut kedatangan Menteri Perhubungan, Menteri BUMN RI dan Bupati Garut serta Direktur Utama PT. KAI dalam meresmikan Stasiun dan Reaktivasi Jalur Kereta Api Lintas Garut-Cibatu, di Jl. Bank Kelurahan Pakuwon Kecamatan Garut Kota, Kamis (24/3/2022).

Didampingi guru dan kepala sekolahnya, anak-anak menunggu di sekolah dari pukul 07.00 WIB, kemudian pukul 08.30 WIB berkumpul di Kantor Kecamatan Garut Kota, dan dilanjutkan berjalan kaki sambil membawa bendera merah putih ukuran kecil menuju stasiun kereta api.

Tak hanya guru dan kepala sekolah, Ketua PGRI Cabang, para pengawas, Korwil serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut hadir mengawasi, mendampingi dan mengarahkan anak-anak di stasiun.

Meski terik matahari cukup panas, dengan sabar anak-anak menunggu kehadiran menteri di tengah mereka. Dan begtu rombongan menteri hadir, dengan kompak sorak-sorai menyambutnya sambil mengibar-ngibarkan bendera, bahkan Menteri BUMN, Erick Tohir sempat memvideokan penyambutan anak-anak dan berkomunikasi dengan Ketua PGRI Cabang serta anak didik SDN 13 Regol, termasuk menteri berfoto selfi dengan beberapa kepala sekolah.

Diketahui, KA Cikuray serta KA Garut Cibatuan diresmikan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI), Budi Karya Sumadi, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Tohir, didampingi Bupati Garut, Rudy Gunawan, dan Direktur Utama PT. KAI, Didiek Hartyanto.

Jalur Garut – Cibatu ini sendiri dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 1889 dan berhenti beroperasi pada tahun 1983. Melihat potensi yang ada, PT. KAI mulai melakukan proses reaktivasi jalur tersebut sejak 2018. Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 km tersebut, juga dioperasikan kembali 3 stasiun yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here