Door to Door, Solusi Efektifitas Vaksinasi di Kecamatan Mekarmukti

0
32
Tampak seorang Nakes didampingi babinsa sedang memeriksa kesehatan lansia di depan rumahnya.

kandaga.id – Pelayanan vaksinasi di Kecamatan Mekarmukti dengan metode door to door mulai dirasakan efektifitasnya. Demikian disampaikan Sekretaris Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Ma’mun Gunawan melalui selulernya, Senin (22/11/2021) pagi.

“Capaian vaksinasi di Kecamatan Mekarmukti saat ini sudah mencapai 44% bagi usia Lansia atau sebanyak 899 orang, dan 47,21% bagi usia 12-59 tahun atau sebanyak 5.738 orang. Prosentase capaian tersebut didasarkan pada target yang ditetapkan oleh Bupati sebanyak 12.155 bagi usia 12-59 tahun dan 2.046 bagi usia di atas 60 tahun,” ungkapnya.

Perjalanan Nakes menelusuri perkampungan warga.

Dalam seminggu ini, lanjut Ma’mun, Insyaallah akan kami kejar target minimal 50% bagi usia 12-59 tahun. Sehingga, kata Ma’mun, herd immunity di Kecamatan Mekarmukti dapat terwujud.

“Dari lima desa, tinggal satu desa lagi yang harus digenjot capaian vaksinasinya,” jelasnya.

Dalam satu minggu terakhir, ungkap Ma’mun, tanpa mengenal lelah para Nakes bersama Babinsa, Babinkamtibmas, Pol PP, perangkat Desa, RT da RW serta beberapa Kasi Kecamatan turun langsung door to door ke rumah warga untuk melakukan layanan vaksinasi. Bahkan terang Ma’mun, dihari libur pun, Sabtu dan Minggu layanan vaksinasi tetap dilakukan secara serentak di seluruh desa se-Kecamatan Mekarmukti.

“Apalagi sekarang musim hujan, kalau kami menunggu maka warga akan kesulitan datang. Pagi hari kebanyakan berkebun dan siang hari sampai sore biasanya turun hujan. Maka solusinya adalah jemput bola,” pungkas Ma’mun. ***Jajang Sukmana