GEMILANG Seri Motivatif, Mengajak Guru dan Kepala Sekolah Bergerak Menjadi Pelatih

0
223

kandaga.id – Guru merupakan agen perubahan, ditangan gurulah peradaban manusia bisa berkembang dengan pesat. Untuk itulah, kegiatan keempat GEMILANG ini akan membuka cakrawala dan cara pandang guru yang progresif dan adaptif terhadap perubahan.

Mengusung tema “Teacher as a Great Coach” (Guru sebagai Pelatih Hebat), GEMILANG seri Motivatif mengajak dengan Webinar untuk guru se-Kabupaten Garut, dalam mendukung salah satu kebijakan program pemerintah diantaranya Sekolah Penggerak, dengan harapan muncul praktik-praktik baik yang menjadi dasar perubahan ke arah yang lebih baik.

Secara virtual, Webinar GEMILANG seri Motivatif dibuka Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut, DR. H. Suherman, SH., M.Si., serta Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., dan Ketua GEMILANG, DR. Hanny Latifah, M.M.Pd., diikuti seribu lebih guru dari jenjang TK hingga perguruan tinggi, Rabu (01/12/2021).

Plt Kadisdik, H. Suherman mengapresiasi pada GEMILANG yang dilahirkan Kecamatan Garut Kota. Bahkan, kata H. Suherman, program GEMILANG ini bisa ditarik ke tingkat kabupaten, guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Garut.

“GEMILANG ini merupakan inovasi luar biasa yang dapat merubah mindset para guru agar melek teknologi dan mampu menghadapi berbagai tantangan. Dan tentu akan mendukung visi misi serta membantu dalam peningkatan IPM di Kabupaten Garut,” ucap Plt Kadisdik, dan meminta untuk menanam keimanan dan ketakwaan, agar jadi guru yang khasanah, cerdas dan punya intelektual yang baik.

Sementara Korwil Anita mengucapkan syukur Alhamdulillah, dan berterima kasih kepada Plt Kadisdik, dalam kesibukannya berkenan membuka GEMILANG seri Motivatif.

“GEMILANG ini sebagai upaya kami dalam merubah mindset, dengan harapan khususunya guru-guru di lingkungan Bidang Pendidikan Garut Kota, dan di Kabupaten Garut dalam menghasilkan generasi yang lebih baik dan mampu bersaing di berbagai kompetisi.

Ketua GEMILANG, DR. Hanny Latifah, M.M.Pd., mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya dalam memotivasi kepala sekolah, guru untuk terus melakukan pengembangan diri dan meningkatkan kompetensi sesuai perkembangan zaman, juga memotivasi guru untuk menjadi coach bagi para siswanya supaya terjalin kedekatan secara emosional dan lebih memahami tahapan perkembangan siswa secara psikologis.

Adapun narasumber yang dihadirkan Coach Ramdani, Trainer ESQ Licensed Trainer by DR (HC) Ary Ginanjar Agustian dan Sharing Best Pactice Sekolah Penggerak, Ema Halimah, S.Pd, M.Pd., Suwarso, M.Pd., dan Sharing Best Pactice Guru Penggerak, Widha Sismahendra, M.Pd., serta Wulan Sri Handayani, S.Pd.

“Intinya dari kegiatan ini, guru dapat menjadi coach bagi peserta didiknya, kepala sekolah dapat menjadi coach bagi guru-gurunya,” pungkas DR. Hanny, program GEMILANG terakhir akan melakukan Character Building untuk kepala sekolah.

Diketahui, tema “Dari Garut Kota untuk Pendidikan Garut yang Lebih Baik”. Program GEMILANG pertama Seri Edukatif berupa seminar “Leadership Management Education” di Harmoni Hotel, kedua Seri Inovatif/Seri Motivatif di Institut Teknologi Garut (ITG) Al-Musaddadiyah, ketiga Seri Literatif/Literasi dengan FPIK dan HIMA PGSD UNIGA di Aula FPIK UNIGA, Jl. Raya Samarang (Hampor) No. 52A, Kecamatan Tarogong Kaler. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here