Juara Sains Nasional Bercita-cita SMPN 1 Garut Jadi Sekolah Sainspreneur

0
152

GARKOT, (kandaga.id).- Sungguh beruntung bagi SMPN 1 Garut, pasalnya salah satu guru yang terbilang baru mengabdikan diri, telah memberikan Medali Emas dari Olimpiade Muslim Muda Indonesia (OMMI) tahun 2022 tingkat mahasiswa, guru, siswa, jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK se-Indonesia yang dilaksanakan Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) pada tanggal 17 April 2022.

Selain itu, POSI juga memberikan Medali Perunggu dari Kompetisi Hardiknas tahun 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2022, serta sertifikat peserta Kompetisi Berprestasi tanggal 22 Mei 2022.

Dia adalah guru IPA, Niko Oktarian, S.Pd., yang baru sepuluh bulan mengabdi telah memberikan warna baru pada SMPN 1 Garut dengan keahliannya di bidang sains. Adapun jenis lomba pada bidang sains ini, terang Niko, semua mata pelajaran IPA, Matematika, dan bahasa Inggris,

“Secara pribadi saya sebagai guru di sekolah bukan hanya mengajar saja, tapi ada waktu luang untuk pengembangan diri, mencari pengalaman dan menambah nilai kreatif,” ucap Niko, Kamis (20/10/2022).

Selain itu, lomba yang diikutinya bukan saja untuk menambah wawasan sendiri tapi juga untuk memotivasi siswa agar mencintai sains dan tentunya dapat menorehkan prestasi dengan mengharumkan nama baik SMPN 1 Garut.

Untuk menuju prestasi di bidang sains ini, Niko punya rencana membuat sebuah wadah dalam pengembangannya dengan dibentuknya sains club. Hal itu dilakukannya untuk memacu siswa khususnya mempersiapkan untuk mengikuti berbagai perlombaan.

“Sebenarnya banyak lomba-lomba sains, selain lomba yang sudah biasa seperti OSN. Tinggal kita bentuk, bimbing dan diarahkan untuk mengikuti lomba tersebut. Semakin banyak mengikuti lomba, semakin banyak pula koin-koin prestasi yang diraih SMPN 1 Garut,” ujar Niko.

Menurutnya, SMPN 1 Garut memiliki banyak potensi dan telah banyak prestasi yang ditorehkan. Untuk itu sesuai dengan bidangnya, Niko mengharapkan, SMPN 1 Garut kedepannya bisa jadi sekolah Sainspreneur di Kabupaten Garut. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here