Hari Santri 2022, Guru Ngaji di Kecamatan Mekarmukti Mendapat Bantuan Rumah Tinggal

0
111
Di momen hari santri, Camat Mekarmukti menyerahkan bantuan rumah untuk guru ngaji secara simbolik.

MEKARMUKTI, (kandaga.id).- Pada upacara peringatan Hari Santri (Sabtu, 22-10-2022) Camat Mekarmukti menyerahkan secara simbolik Bantuan Rumah Tinggal untuk seorang Guru Ngaji di Kp. Kubang Desa Jagabaya Kec. Mekarmukti Garut.

Nurbani Tamim, Camat Mekarmukti menuturkan bahwa Abah Sutiyaman (62 tahun), merupakan seorang guru ngaji di masjid dekat rumahnya. selama ini bermukim disebuah gubug panggung yang sudah reyot berukuran 3×4 meter bersama istri dan cucunya.

Bekerja sebagai buruh tani serabutan, Abah Sutiyaman belum pernah tersentuh bantuan sosial apapun dari pemerintah kecuali BLT dari desa setempat.

Upacara Peringatan hari Santri tahun 2022 tingkat kecamatan mekarmukti dihadiri ratusan santri beserta Pimpinan Ormas Islam, Organisasi Otomon, Kepala Desa, Kepala UPT dan Forkompim.

“Alhamdulillah, melalui Pa Sekmat, Abah Sutiyaman dibantu oleh sebuah Yayasan Kemanusiaan. Rumah lama nya dibongkar dan dibuatkan rumah permanen dengan dua kamar tidur, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi, juga dengan isi perabot rumahnya termasuk peralatan dapur,” ucapnya.

Nurbani menuturkan, rumah tersebut sudah mulai dibangun sejak akhir September dan hari iniu sudah 100% selesai. Tinggal menunggu pihak yayasan datang untuk penyerahan kunci dan perabot isi rumah.

Camat Mekarmukti mempersembahkan tumpeng hari santri untuk para santri Kecamatan Mekarmukti Garut.

“Buah dari kesabaran, ketawakalan dan ketabahan seorang guru ngaji. Tentu kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Yayasan yang telah membiayai seluruh kebutuhan dana pembangunan rumah untuk Abah Sutiyaman”, ujar Nurbani.

Selain penyerahan simbolik bantuan rumah tinggal untuk guru ngaji, pada upacara hari santri tersebut, Camat Mekarmukti menyalurkan bantuan Mushaf /Qur’an dan Buku Iqro untuk Masjid At Taqwa Desa Mekarsari.

Di momen hari santri, camat mekarmukti menyerahkan bantuan Mushaf dan Buku Iqro untuk Masjid yang ada di Kecamatan Mekarmukti.

Usai upacara peringatan Hari Santri, Kecamatan Mekarmukti menggelar Pentas Seni Islam yang diikuti oleh belasan Group Marawis, Qasidah dan Hadroh dari lima desa yang ada di Kecamatan Mekarmukti.

Ustadz Agus Mulyana, Ketua MWC NU Kecamatan Mekarmukti mengapresiasi kegiatan peringatan Hari Santri yang dilaksanakan oleh Kecamatan Mekarmukti.

Upacara peringatan hari santri tahun 2022 tingkat Kecamatan mekarmukti dimeriahkan oleh pentas seni dari pondok pesantren dan DKM se Kecamatan Mekarmukti.

“Alhamdulillah, kami bisa memperingati Hari Santri bersama Pemerintah Kecamatan Mekarmukti, dimana semua petugas upacara dilaksanakan oleh para Kader Ormas Islam baik NU, Muhammadiyah maupun Syarekat Islam (SI). Tentu ini sebuah kemajuan dan kebanggan tersendiri karena tanpa kebersamaan Kecamatan Mekarmukti sulit untuk maju,” ujar Agus Mulyana.

Membludaknya pasukan upacara yang tidak tertampung halaman kantor kecamatan Mekarmukti, merupakan bentuk antusiasme warga, khususnya santri dalam menjalin kebersamaan dengan pemerintah setempat. Hikmah kebersamaan inilah yang harus dirawat bersama sebagai semangat untuk memajukan pembangunan di Kecamatan Mekarmukti dalam segala bidang. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here