Kwarran Garut Kota Antusias Mengikuti Peringatan HUT Pramuka ke-61

0
70

GARKOT, (kandaga.id).- Antusias peserta untuk mengikuti rangkaian peringatan hari Pramuka ke-61 luar biasa. Hal itu tergambar saat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut menggelar upacara peringatan HUT Pramuka ke-61 di Lapangan Otto Iskandardinata, Kecamatan Garut Kota, Senin (29/8/2022).

Upacara dipimpin langsung Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Garut, Kak Rudy Gunawan yang menyampaikan amanat dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. 

Kak Rudy Gunawan berpesan agar Dasadharma dijadikan sebagai falsafah dalam kehidupan sehari-hari Gerakan Pramuka Garut.

“Setiap anggota Pramuka Garut bisa menepati janji yang diucapkan melalui Dasadharma, khususnya bagi Pramuka siaga yang merupakan putra-putri harapan bangsa pada generasi emas Indonesia di tahun 2045,” harapnya.

Dalam HUT Pramuka ke-61 tahun 2022 ini tema yang diusung “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema tersebut kata Ketua Kwarcab Garut, Kak dr. Helmi Budiman, Pramuka harus siap mengabdi untuk membangun bangsa.

“Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang, pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka, sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” terangnya.

Mau dimana pun, usia berapa pun, kapan pun tambah Kak dr. Helmi Budiman, dia harus mengabdi untuk membangun kekuatan bangsa. Memang pasca Covid ini kehidupan perlu dipulihkan kembali, termasuk Pramuka.

Sementara itu, Mabiran Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., mengaku bersyukur, sebanyak 69 Mabigus beserta pasukannya turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan hingga akhir.

“Alhamdulillah, Mabigus kita ada yang menjadi juri, dan beberapa Mabigus beserta pasukkannya mengikuti upacara, defile, dan lomba-lomba,” jelasnya.

Mabigus SDN 5 Regol, Lina Herlina, S.Pd., M.M., mengaku belum lama menjabat, tapi kelengkapan Pramuka untuk siswanya sudah dilengkapi dan turut berpartisipasi dalam rangkaian HUT Pramuka ke-61 ini.

“Alhamdulillah, kami membawa pasukan untuk mengikuti upacara dan defile,” terangnya.

Terpantau dalam upacara HUT Pramuka tingkat Kabupaten Garut ini, diakhiri dengan beberapa penampilan seperti flash mob gerakan Pramuka Garut, atraksi silat, jaipong, lagu dan angklung persembahan dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), serta defile pasukan dimulai Jl. Kabupaten-Jl. Siliwangi-Jl. Cikuray-Jl. A. Yani kembali ke Lapangan Otto Iskandardinata (Alun-alun). ***Jajang Sukmana