Lima dari 69 Sekolah di Lingkungan Korwil Garut Kota Jadi Bagian Sikat Gigi Massal se Indonesia

0
219

GARKOT, (kandaga.id).- Sebanyak 1.152 siswa dari lima sekolah di Lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota mengikuti sikat gigi massal serentak dengan sekolah lainnya di seluruh Indonesia dalam memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tahun 2022, Senin (12/9/2022).

Kelima sekolah tersebut yaitu, SDN 7 Regol diikuti sebanyak 357 siswa, SDN 3 Margawati sebayak 154 siswa, SDN 4 Margawati sebanyak 190 siswa), SDN 5 Margawati sebanyak 132 siswa, dan SDN 4 Sukanegla diikuti sebanyak 319 siswa.

Diawali dengan upacara Senin pagi sekaligus arahan dari anggota Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Garut tentang tata cara memegang sikat dan menggosok gigi yang benar, serta dilanjutkan dengan pembagian air untuk kumur-kumur.

Mengusung tema “Pulih bersama dengan Senyum Sehat Indonesia”, pelaksanaan sikat gigi massal di SDN 7 Regol terpantau tertib, anak-anak antusias termasuk orang tua yang mengantarnya, dan dihadiri Korwil, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., serta dua staf dari Bidang SD Kabupaten Garut.

Korwil Anita mengaku bangga, lima sekolah di lingkungannya jadi bagian dari sembilan sekolah se-Kabupaten Garut dan jadi bagian dari sekolah se-Indonesia.

“Alhamdulillah, semoga melalui kegiatan sikat gigi massal ini, anak-anak di lingkungan kami dalam keadaan sehat baik gigi dan mulutnya, sehingga anak-anak bisa tersenyum lebar dengan ceria,” ujarnya.

Sementara Kepala SDN 3 Margawati, Nia, S.Pd.SD., mengatakan, kegiatan sikat gigi massal di lingkungannya dilaksanakan di lapangan sepak bola secara bersama-sama dengan SDN 4, 5 Margawati.

“Alhamdulillah, PDGI dan kepala sekolah serta guru dari masing-masing sekolah juga dua pengawas berkolaborasi mendampingi kegiatan sikat gigi massal ini,” terang Nia.

Baik Kepala SDN 3 Margawati, Nia, S.Pd.SD., maupun Kepala SDN 7 Regol, Hj. Yuningsih, S.Pd.SD., sama-sama berharap, dari kegiatan ini jadi kebiasaan dan kebutuhan oleh seluruh siswa dalam menjaga serta memelihara gigi, khusus di sekolahnya masing-masing, umumnya se-Kecamatan Garut Kota.

Sementara Bupat Garut, Rudy Gunawan memimpin HKGN tingkat Kabupaten Garut bersama Persatuan Dokter Gigi Kabupaten Garut, Dinas Kesehatan kabupaten Garut, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut di SDIT Darul Abror, Kecamatan Tarogong Kaler, dengan diikuti sebanyak 2.500 siswa se-Kabupaten Garut.

Adapun siswa yang mengikuti sikat gigi massal di SDIT 1, 2 Darul Abror  diikuti sebanyak 700 siswa, di SDN 2 Bagendit diikuti sebanyak 254 siswa, dan di SDN 2 Banyuresmi diikuti sebanyak 408 siswa. ***Jajang Sukmana