Prima Insani Menutup Milad ke-20 dengan Bazar JABAR

0
206

GARKOT, (kandaga.id).- Menutup rangkaian Milad ke-20, PG-TK dan SD Prima Insani menggelar bazar JABAR (Jajan Bareng Prima) dilingkungan sekolah di Jl. Ciledug No. 281, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Rabu (28/9/2022).

Dengan menghadirkan jajanan sehat serta higienis dari pedagang-pedagang UMKM, bazar JABAR ini dibuka Ketua Yayasan Prima Insani Garut, Dra. Lilis Rostina didampingi Pembina Yayasan Prima Insani Garut, H. Ato Hermanto, Kepala SD GIS Prima Insani, Puji Fauziah, S.Pd.SD., dan Ketua Forum Persatuan Orangtua Murid, Hj. Indri Wulandari, S.Pd.

Ketua Yayasan Prima Insani Garut, Dra. Lilis Rostina mencicipi martabak mini.

“Alhamdulillah, masa covid telah berangsur usai, dan mudah-mudahan hilang, sehingga semua kegiatan belajar mengajar normal kembali, dan kegiatan-kegiatan seperti bazar ini dapatkan dilaksanakan secara terbuka,” ujar Lilis.

Bagi sekolah-sekolah lain yang pada umumnya mungkin sudah biasa jajan diluar ataupun di luar sekolah. Tapi bagi siswa Prima Insani tidak seperti itu, karena terang Lilis, waktu istirahat anak-anak tetap di dalam kelas dan menikmati makanan yang sudah tersedia.

Jadi, dengan adanya bazar JABAR ini, anak-anak sangat antusias, mereka ingin segera tahu dan jajan bersama teman-temannya, yang tentunya akan diawasi oleh guru-guru.

“Banyak pembelajaran yang di dapat anak-anak dari bazar ini, misalnya, mereka harus belajar disiplin, antri, bertoleransi, serta tahu nilai uang yang akan dipergunakan, dan bungkus bekas makanan akan dibuangnya ke tempat yang sudah disediakan,” ucap Lilis.

Intinya, ucap Lilis, bazar ini sebagai upaya dalam pembentukan karakter anak-anak, yang didalamnya terdapat literasi numerik, literasi keuangan dan literasi-literasi lainnya.

Sementara Pembina Yayasan Prima Insani Garut, H. Ato Hermanto mengatakan, konsep sekolah Prima Insani adalah bagaimana menciptakan sekolah dengan betul-betul sebagai rumah kedua.

Pembina Yayasan Prima Insani Garut, H. Ato Hermanto memberikan bingkisan kepada semua pedang UMKM yang hadir dalam memeriahkan Milad ke-20 Prima Insani.

“Dengan konsep itu, anak-anak akan merasa memiliki dan betah, sehingga sekolah ini tetap terjaga kebersihannya, nyaman, rapi, dan tidak ada coret- coret dinding atau merusak yang lainnya, karena sekolah ini sudah di anggap rumahnya atau miliknya sendiri,” pungkas H. Ato.

Kepala SD GIS Prima Insani, Puji Fauziah, S.Pd.SD., mengatakan, selain bazar, pihaknya juga akan mewakafkan Al-Quran ke mesjid-mesjid yang ada disekitar lingkungan sekolah atau mesjid yang biasa anak-anak melaksanakan ibadah shalat Jum’at.

“Mudah-mudahan diberi keberkahan dalam mengelola pendidikan ini, dan ada bermanfaat bagi orang lain,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Suryana, S.Pd., M.M.Pd., didampingi Kasi Kurikulum Bidang SD, Bambang Sumpena, S.Pd., sangat mengapresiasi dengan adanya bazar JABAR ini, karena didalamnya ada keterlibatan para orang tua, dan langkah yang diambil Prima Insani mungkin di sekolah lain tidak ada.

“Luar biasa, SD Prima Insani telah membuat inovasi dengan menghadirkan para pedagang kecil di dalam lingkungan sekolah dengan menyuguhkan jajanan-jajanan yang sehat, higienis, sekaligus memperkenalkan kepada anak-anak yang mungkin belum tahu,” ujarnya.

Kabid Suryana beserta Kasi Bambang Sumpena mengucapkan Selamat Milad ke-20 Prima Insani, semoga tetap sukses, teruslah berinovasi dan berkreasi untuk mencetak generasi sesuai dengan tuntutan masa sekarang yaitu profil pelajar Pancasila.

Terpantau, anak-anak dengan antusias dan memenuhi semua tempat jajanan. Mereka membawa kupon dengan bertuliskan senilai uang Rp. 1.000 dan Rp. 2.000 untuk pembayarannya. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here