SD Muhammadiyah 1, Raih Juara Umum FTBI tingkat Kecamatan Garut Kota

0
120
Kepala SD Muhammadiyah 1, Ade Haris, S.Pd., menerima piala juara umum dari Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Korwil, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., Selasa (20/9/2022).

GARKOT, (kandaga.id).- SD Muhammadiyah 1 berhasil meraih juara umum Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2022 Tingkat Kecamatan Garut Kota, yang berlangsung di kompleks SDN 1, 2 Kota Kulon, Selasa (20/9/2022) baru lalu.

Raih tersebut, dibuktikan dengan mendapatkan empat juara 1 yaitu dari mata lomba Maca Jeung Nulis Aksara Sunda putra putri (Kaila Raissa Putri dan Abiyyu Muhammad Ridhwan), Maca Sajak putra (Zidan Ahsan), dan Carpon (Naufal Elfath Al Ayyubi), ditambah Juara Harapan 1 Maca Sajak (Nayyira Kulla Azmina), Juara Harapan 2 Ngadongeng putra putri (Reyhan Fathur Rohman dan Nadia Nursyahidah Assabaniyah), serta Juara Harapan 1 Biantara (Nadzhiifa Salsabilla Herviantri).

Kepala SD Muhammadiyah 1, Ade Haris, S.Pd., mengucapkan syukur Alhamdulillah, pada tahun ini siswanya dapat mengukir prestasi hebat dengan meraih juara umum.

“Tentu saja, kami bangga dan bahagia dengan raihan prestasi ini dan bisa menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan akan proses pembelajaran di sekolah, khususnya pada muatan pelajaran Bahasa Sunda,” ujar Ade, Kamis (22/9/2022).

Ia mengatakan, prestasi yang diperolehnya ini bukan diraih secara kebetulan atau instan, tapi sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari, saat menerima informasi akan adanya FTBI ini dari Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota.

“Saat menerima informasi, saya langsung menyampaikan kembali kepada guru-guru dan langsung untuk segera memulai proses penyeleksian siswa-siswa yang berpotensi dan berbakat,” terangnya.

Dan Alhamdulillah, lanjut Ade, para guru langsung bekerja cepat, dan mulai melakukan penyeleksian siswa di tingkat kelas. Dan setelah terseleksi, tambah Ade, diadakan pelatihan atau pembimbingan oleh guru khusus yang kami tugaskan yaitu Pak Encu Samsudin, S.Pd.I, dan Bu Citra, S.Pd.

“Dengan keberhasilan ini, tentu saja menjadi sebuah tantangan atau PR penting agar segera mempersiapkan keempat anak didik kami untuk bisa meraih prestasi gemilang di FTBI tingkat kabupaten,” ujarnya.

Terkait persiapan untuk tingkat kabupaten, pihak SD Muhammadiyah 1 akan memulainya minggu ini dan langsung diadakan pelatihan oleh guru di sekolah, juga akan mengikuti training centre yang akan diadakan oleh Korwil.

“Semoga siswa kami yang mewakili Kecamatan Garut Kota bisa kembali mengukir prestasi yang membanggakan untuk mengharumkan Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota, sehingga bisa menjadi wakil kabupaten ke tingkat provinsi,” harapnya.

Tentu saja, kata Ade, ini membutuhkan latihan yang keras, persiapan yang lebih matang lagi dan juga dorongan do’a dari semuanya.

“Kami sangat mengapresiasi sekali kepada Korwil, pengawas dan panitia yang telah sukses dan semarak melaksanakan FTBI tahun ini. Terima kasih Ibu Korwil, Anita Istiani khususnya, yang selama ini tak henti-hentinya mendukung dan memotivasi para kepala sekolah untuk menunjukkan prestasinya bagi kemajuan dunia Pendidikan Garut Kota,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana