SMPN 1 Cibatu Meraih Prestasi Tingkat Internasional

0
394

CIBATU, (kandaga.id).- SMPN 1 Cibatu berhasil menambah pundi prestasi, kali ini dari bidang pencak silat yang ditoreh siswa kelas 9-E atas nama Muhamad Faisal Syabroni.

Ia merupakan utusan kontingen dari Laskar Panglipur yang telah meraih Juara Ke-1 Kategori Tanding Junior 39 kg s/d 43 kg Kelas A dalam International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022” di Jakarta-TMII dalam memperingati HUT RI ke 77.

“Terima kasih kepada Padepokan Laskar Panglipur yang telah melatih dan mengantarkan siswa kami menjadi juara ke-1 tingkat Internasional sehingga dapat mengharumkan Cibatu dan Kabupaten Garut,” ujar Kepala SMPN 1 Cibatu, H. Kuswara, S.Pd., M.Pd., melalui WhatsApp, Kamis (22/9/2022).

Menurut H. Kuswara, pencak silat merupakan olahraga beladiri berasal dari rumpun melayu yang harus di jaga eksistensinya, agar generasi muda yang akan datang dapat mempelajarinya.

Selain menjaga eksistensi, lanjut H. Kuswara, tujuan pencak silat diajarkan kepada generasi muda, karena pencak silat memiliki nilai-nilai yang positif.

“Nilai-nilai tersebut akan membentuk karakter pribadi yang baik apabila diterapkan dengan benar. Selain memiliki nilai-nilai falsafah Pancasila berupa nilai etis, teknis, estetis dan atletis yang bermanfaat dalam menjalankan kehidupan,” terangnya.

Kata dia, pencak silat memiliki empat aspek yang terdiri dari aspek mental spiritual, aspek beladiri, aspek seni dan aspek OlahRaga.

“Mari kita berikan motivasi yang baik bagi generasi muda, bahwa dengan belum berakhirnya Pandemi Covid-19 tidak membuat generasi muda  menyerah dengan keadaan, kita tetap mampu berkarya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana