SMPN 1 Garut Jadi Tempat PENTAS PAI jenjang SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat 2022

0
312

GARKOT, (kandaga.id).- Mencari bibit unggul para siswa yang berprestasi dalam pengetahuan Agama Islam, sejumlah 297 siswa didampingi 243 pembimbing dari 27 Kabupaten Kota se-Jawa Barat mengikuti Pekan Kreativitas dan Seni Siswa Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) jenjang SMP Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022/1444 M di SMPN 1 Garut, Jl. A. Yani No. 43, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota.

Mengusung tema “Dengan Semangat Membangun Pendidikan Jawa Barat Kita Wujudkan Peserta Didik yang Moderat, Cerdas Lahir Batin dalam Rangka Mewujudkan Pribadi Mandiri dan Berakhlak Mulia”,

Secara resmi acara dibuka Kabid PAI Provinsi Jawa Barat, dihadiri Asda 3 Pemkab Garut, Kepala Dinas beserta Kabid PAUD Dikmas dan Kabid SD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut , Ketua MKKS SMP Kabupaten Garut dan Ketua Rayon 1 beberapa jajarannya, Kepala Kemenag Kabupaten Garut, Kabid PAI Kemenag Provinsi Jawa Barat, dan tamu undangan lainnya, Jumat (23/9/2022) malam.

Ketua pelaksana, Asep Saefullah mengatakan, selain siswa-siswa hebat dari masing-masing kabupaten kota untuk mengikuti lomba, PENTAS PAI juga dijadikan ajang silaturahmi guru-guru se-Provinsi Jawa Barat.

Sementara Asda 3 Pemkab Garut, H. Totong, S.Pd., M.Si., mengatakan, meskipun pembinaannya oleh Kemenag, keberadaan guru PAI ini sangat membantu Pemda Garut khususnya dinas pendidikan.

“Terima kasih Kemenang Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Garut khususnya,” ucapnya.

Totong juga mengucapkan, terima kasih kepada Kepala Kemenag dari kabupaten kota lainnya, atas kedatangannya di Kabupaten Garut. Juga mengucapkan terima kasih kepada Kadisdik Kabupaten Garut, ketua MKKS SMP Kabupaten Garut, Ketua Rayon 1 beserta pengurusnya yang telah menghadiri dalam pembukaan ini, dan Kepala SMPN 1 Garut yang telah memberikan tempat untuk pelaksanaan PENTAS PAI tahun 2022 ini.

“PENTAS PAI ini merupakan Ikhtisar untuk mencapai pendidikan nasional, memotivasi dan menjadi aktualisasi bagi kemampuan peserta didik untuk memberikan yang terbaik,” pungkasnya.

Sementara Kabid Bidang PAI, Abudin mengatakan, PENTAS PAI merupakan wahana kompetisi dalam mengaktualisasikan dan menumbuhkembangkan minat serta bakat peserta didik dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK.

Adapun PENTAS PAI jenjang SMP ini, terang Abudin, dalam rangka mempersiapkan putra-putri terbaiknya untuk dikirimkan ke PENTAS PAI tingkat nasional, dan mudah-mudahan di tahun 2023 dapat dilaksanakan.

Selain itu, tambah Abudin, PENTAS PAI ini merupakan upaya meningkatkan aspek kecerdasan intelektual memperkokoh kecerdasan emosional dan juga mempererat ukhuwah Islamiyyah.

“Kami berharap, agar momentum ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang lomba ataupun kompetisi mengukur kemampuan anak-anak tetapi juga harus dijadikan sebagai sarana berbagi ilmu berbagi pengalaman dan bersilaturahim dengan beserta lainnya,” pesannya.

Ia juga berharap, peserta didik untuk menerima memahami mendalami menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here