SDN 1 Jayaraga Bergerak Menuju Profil Pelajar Pancasila

0
127

KANDAGA.ID – SDN 1 Jayaraga di Kecamatan Tarogong Kidul merupakan bagian dari program sekolah penggerak di Kabupaten Garut, atas dasar itulah sekolah yang dipimpin Yanti Sri Mulyanti Arni, M.Pd., ini terus berupaya menggerakkan siswanya kearah Profil Pelajar Pancasila.

Salah satunya program yang kebetulan di bulan penuh berkah ini, SDN 1 Jayaraga membina anak-anak didiknya dengan Pesantren Ramadhan 1443 hijriah yang dilaksanakan selama dua minggu. Selain itu, dalam kegiatan diisi juga dengan lomba-lomba bernuansa keagamaan seperti lomba Adzan, Cerdas Cermat, Kaligrafi, Kaifiyat Shalat, Pildacil, dan Tahfidz.

Kepala SDN 1 Jayaraga, Yanti Sri Mulyanti Arni, M.Pd., menjelaskan, semua jenis lomba diikuti sebanyak 270 siswa dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu untuk kelas 1-3 (bawah) dan 4-6 (atas).

“Alhamdulillah, pesantren Ramadhan telah selesai sesuai harapan, dan semoga dari dua minggu pelaksanaan pesantren Ramadhan ini jadi motivasi dan menjadi ilmu untuk masa depan anak-anak,” harap Yanti, Sabtu (23/4/2022).

Yanti mengucapkan terima kasih kepada panitia, kolaborasi antara guru agama dan seluruh guru serta mahasiswa STAIPI, juga kepada seluruh anak-anak yang sampai saat ini tetap semangat.

Selain itu, di sepuluh hari terakhir ibadah puasa ini, Yanti mengajak untuk dimaksimalkan lagi dalam ibadah puasanya, banyak berdoa, banyak berdzikir, dan sholat-sholat sunahnya dilaksanakan.

“Mudah-mudahan setelah selesai shaumya, kita diberikan umur panjang, dipertemukan kembali di Ramadhan berikutnya, dan tercapai segala cita-cita yang diharapkan,” ucapnya.

Yanti meminta kepada seluruh siswa untuk membantu mendoakan orang tuanya supaya dimudahkan mencari rizki yang halal untuk menafkahi dan mencukupi keluarganya.

Dan untuk mengisi hari libur sekolah, Yanti berpesan kepada seluruh siswa yang yang belum khatam Al-Quran, untuk mengkhatamkannya.

Diketahui, dari pesantren Ramadhan ini semua siswa diberikan piagam dan bagi siswa yang berhasil meraih prestasi akan ditambah dengan piagam juara serta cinderamata. ***Jajang Sukmana