SMKN 1 Garut Cetak Pemimpin Masa Depan dengan LDKS

0
56

kandaga.id – Calon-calon pemimpin yang akan datang sangat perlu dipersiapkan sejak dini. Untuk itulah, SMKN 1 Garut menggelar upacara pembukaan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Periode 2021-2022 di Lapangan upacara SMKN 1 Garut, Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (19/11/2021).

Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd., mengatakan, peserta LDKS merupakan peserta didik terpilih, terbaik di SMKN 1 Garut yang merupakan bagian dari warga negara Indonesia yang ke depan untuk menjadi pemimpin-pemimpin bangsa.

H. Bejo meyakini, kedepannya mereka mungkin akan menjadi pemimpin bangsa, misalnya kepala desa, camat, bupati, menjadi anggota DPR atau bahkan insyaallah akan menjadi presiden. Untuk itu, pihaknya mempersiapkan dari sekarang. Karena, kata H. Bejo, tanpa persiapan tidak ada apa-apanya.

“Bukan hanya pintar, bukan hanya terampil, tetapi komunikasi, kecerdasan sosial, itu yang akan membawa untuk menjadi pemimpin-pemimpin bangsa,” tegas H. Bejo, bangun komunikasi, belajar mempelajari orang lain, belajar mempelajari jiwa orang lain dari sekarang.

Lanjut H. Bejo, banyak orang dari yang biasa-biasa tetapi menjadi pemimpin, karena bisa berkomunikasi. Jadi kunci keberhasilan itu, tegas H. Bejo, komunikasi dan yang paling penting memohon kepada Allah SWT., karena setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya nanti.

“Alhamdulillah, hadir pemateri tingkat Nasional yang akan memotivasi seluruh peserta LDKS, agar menjadi pemimpin yang bertaqwa, beriman kepada Allah SWT, termasuk pemateri dari perguruan tinggi, karena sebentar lagi mereka akan menjadi mahasiswa,” ucapnya.

Dirinya meminta kepada seluruh peserta LDKS untuk mempersiapkan dari sekarang karena akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Selain itu, H. Bejo berharap anak-anak ekstrakurikuler SMKN 1 Garut ini menjadi bumbu, jadi contoh dan teladan bagi peserta didik lainnya.

H. Bejo menjelaskan, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang akan menjadikan mereka menjadi besar. Oleh sebab itu, H. Bejo meminta kepada seluruh peserta LDKS untuk belajar, belajar dan belajar menjadi pemimpin.

“Jadi aktif terus, berkualitas, dan tunjukkan setiap ekstrakurikuler di SMKN 1 Garut harus bisa. Bahwa Kami-lah yang nomor satu,” ujar H. Bejo. Darimana itu, terang H. Bejo, dari diri kita sendiri, kita bangkitkan dari diri sendiri, bangkit, bangkit, bangkit menjadi yang terbaik.

H. Bejo mengajak, marilah kita siap secara bersama-sama membesarkan dan mengharumkan SMKN 1 Garut.

Diketahui, kegiatan LDKS merupakan salah satu kegiatan tahunan yang pada Periode 2021-2022 ini diikuti sejumlah 115 peserta didik dari masing-masing perwakilan ekstrakurikuler kelas X dan kelas XI ini dilaksanakan selama dua hari, Jum’at-Sabtu (19-20/11/2021), mulai pukul 05.00 hingga 17.00 WIB.

Seluruh peserta LDKS menurut Ketua Panitia, Ripaldi, akan mendapatkan bimbingan dan pembinaan dari dua motivator nasional dan lima pemateri dari internal yang dapat melatih jiwa kepemimpinan serta meningkatkan motivasi yaitu (Leadership) Dosen Universitas Garut, Setiadi Ihsan, S.Si, M.Si., dan (Build In Motivation) dari Founder ESA Training Center Bandung, Kun Kun Kumiawan, SE, CHt., serta lima pemateri dari internal yaitu Hani Aryani, M. Pd., (Dinamika Kelompok), Nurdin Ruslih, S.T,. M.Pd,. (Pengalaman Organisasi), Asep Paridadin, S.Pd. (Penerapan Karakter dan Disiplin), Drs. Agustian Syamsudin, M.M. (Public Speaking/Komunikasi), dan Hj. Ai Nurjanah, S.Ag., M.Pd. (Keputrian).

Adapun tujuan dari LDKS ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kepribadian peserta didik sebagai calon pemimpin, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dengan baik. Untuk meningkatkan dan memantapkan mutu kepemimpinan. Dan untuk mendorong, mendidik serta mengarahkan potensi kepemimpinan. ***Jajang Sukmana