SMKN 1 Garut Jadi Pioneer PKL di PT. Nutrifood Indonesia

0
104

Marketing Challenge Nutrifood, SMKN 1 Garut Berhasil Meraih Tiga PialaLokalate Business Academy tahun 2021

kandaga.id – Salah satu kewajiban dari SMK Vokasi adalah mendatangkan guru tamu dari industri, baik luring maupun daring, dan SMKN 1 Garut sebagai sekolah Vokasi telah berhasil mendatangkan serta menjalin kerjasama dengan PT. Nutrifood Indonesia dalam bidang pemasaran dengan meraih tiga piala Marketing Challenge Nutrifood.

Keberhasilan ini mendapatkan apresiasi dari Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., saat menerima tiga piala Marketing Challenge Nutrifood dari perwakilan perusahaan, Vemi di ruang kerja kepala SMKN 1 Garut, Kamis (22/07/202).

Kepala SMKN 1 Garut mengharapkan kerjasama dengan Nutrifood ini dilanjutkan, terus berjalan, karena dari perusahaan itu harus memberikan materi pelajaran sebagai guru tamu, baik luring maupun daring, dan pihaknya akan berkomunikasi dengan bidang kurikulum.

“Kami bangga, program PKL dari Nutrifood hanya dua minggu atau 14 hari, namun 14 hari itu bukan PKL, tapi kalau bisa tiga bulan, saya sangat senang. Dan Alhamdulillah pihak Nutrifood meresponnya, dan mungkin sekolah kita sebagai pioneer bisa melaksanakan PKL selama tiga bulan daring,” ucap H. Bejo Siswoyo.

Dirinya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tinggi kepada Nutrifood, dapat melaksanakan program kerjasama yang luar biasa, dan anak-anak juga bangga dengan Nutrifood.

“Mudah-mudahan ke depan bukan sebagai kerjasama di bidang pendidikan, anak-anak kita ada yang diterima di Nutrifood, meskipun tidak sebagai karyawan tapi bisa link ke bisnisnya, bisa daring melalui bisnis yang dikembangkan Nutrifood,” harapnya.

Wakasek Bidang Humas SMKN 1 Garut, Asep Paridadin, S.Pd., mengatakan, Marketing Challenge Nutrifood ini sebagai Stimulasi atau untuk merangsang peserta didik agar tumbuhkembang dibidang keahliannya, khususnya pemasaran.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Nutrifood ini diakhiri dengan tatangan untuk melakukan penjualan, yang dibagi ke dalam tiga kelompok, dan kelompok yang berhasil dengan penjualan terbanyak atau dinyatakan terbaik oleh Nurtifood mendapatkan reward berupa piala serta uang pembinaan.

Pihaknya merasa bersyukur anak-anak PKL telah berhasil dalam Marketing Challenge Nutrifood ini, dan hasil dari PKL ini akan dievaluasi dikaji oleh keduabelah pihak, untuk langkah selanjutnya.

Pada umumnya sekolah merupakan tempat pendidikan secara teori, dan SMK sebagai sekolah kejuruan sangat perlu melakukan salah satu kewajibannya yaitu kerjasama dengan dunia industri, dengan harapan anak-anak didik SMKN 1 Garut mendapat pembelajaran secara langsung dari perusahaan yang mengajar sebagai guru tamu melalui materi-materi perusahaannya, sehingga terjadi link and macth antara SMKN 1 Garut dengan PT. Nutrifood Indonesia.

Sehingga untuk kedepannya, kerjasama itu bukan kerjasama dalam bentuk seremonial tapi ada kesepakatan-kesepakatan yang memang diperlukan pemahaman dari keduabelah pihak antara sekolah dengan industri yang saling menguntungkan.

Ada empat sasaran dalam PKL ini, pertama, Nutrifood memberikan akan memberikan materi sesuai kebutuhannya. Kedua, Nutrifood mengajar sebagai guru tamu. Ketiga, Nutrifood mau menerima titipan peserta didik SMKN 1 Garut sebagai pembelajar, baik langsung ke industri ataupun mereka datang ke sekolah. Dan Keempat, Nutrifood harus mampu menyerap lulusan SMKN 1 Garut, yang menurut mereka terbaik atau bagus untuk di serap di Nutrifood.

Sedangkan pihak SMKN 1 Garut akan melakukan penyesuaian kurikulum, dimana sekolah mengadopsi perkiraan yang dibutuhkan dunia kerja itu apa? Sehingga terjadi link and macth, dimana peserta didik yang lulus itu kualifiasinya sudah mumpuni, bisa macth dengan perusahaan.

PKL di PT. Nutrifood Indonesia ini dilaksanakan secara online dengan pembukaan tanggal 31 Maret 2021 sedangkan pelaksanaannya tanggal 5 April 2021 hingga 5 Juli 2021, yang diikuti sejumlah 348 peserta didik dari empat keahlian, 23 guru pembimbing yaitu, AKL 105 peserta, 8 guru pembimbing; OTP 104 peserta, 8 guru pembimbing; BDP 71 peserta, 5 guru pembimbing; dan MLG 68 peserta, 2 guru pembimbing.

Adapun materi yang disampaikan Nutrifood yaitu materi umum, materi khusus dan even khusus Lokalate Business Academy.

Materi umum terdiri dari Company Profile, Budaya Kerja Perusahaan, dan Leadership dan Teamwork. Materi khusus yaitu Divisi Administrasi, Divisi Logistik, Divisi Pemasaran, Divisi keuangan. Sedangkan even khusus Lokalate Business Academy terdiri dari Collaborative Marketing dan Business Training, Product Knowledge, Marketing Pland dan Sellinh Challenge, E-commerce, Eksekusi Lokalate Businesss Academy, dan Laporan Penjualan/laporan Keuangan.

Yang terlibat dari PT. Nutrifood Indonesia adalah Muhammad Yosa Rizal (Area Marketing Coordinator), Andre Kurniawan (Area Marketing Associate), Vemi Purwadi (Area Marketing), Zulfah Syadiah (Area Marketing Coordinator), Anggia Restu Pujani (Area Marketing Admin Support), Made Budi Ramdani (Area Marketing Manager Jawa Barat), dan Paulina Nina Listiyani (HR Associate).***Jajang Sukmana