SMKN 1 Garut Membangun Kelurahan Sukamentri

0
124

GARKOT, (kandaga.id).- SMKN 1 Garut kembali melakukan kerja sama dengan kelurahan di Kecamatan Garut Kota dalam mengimplementasikan program unggulannya yaitu Semangat Membangun Desa (SMD)/Kelurahan, dan kali ini kerja sama dengan Kelurahan Sukamentri, Rabu (02/11/2022).

Ditandai dengan penandatanganan MoU antara Lurah Sukamentri, Irwan Sutiawan, S.Ip., M.Si., dengan SMKN 1 Garut, dilanjutkan dengan sosialisasi pembuatan sabun cuci piring, yang nantinya akan dilanjutkan dengan program-program berikutnya.

“Pelatihan pembuatan sabun cuci piring ini merupakan bentuk pemberdayaan kader TP PKK Kelurahan Sukamentri, agar bisa berdikari, berwirausaha, dan jadi entrepreneur yang kreatif,” ujar Lurah Irwan.

Ia berharap SMKN 1 Garut dapat membimbing pembuatan sabun cuci piring ini sampai para kader PKK bisa.

Sementara Koordinator Tim SMD SMKN 1 Garut, Reni Nurhaerani, S.Pd., atas nama kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas penerimaan Kelurahan Sukamentri, dan menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran beliau pada kegiatan SMD.

Ia menjelaskan, program SMK membangun desa/kelurahan ini pada intinya berbagi ilmu yang didapat para siswa SMKN 1 Garut sehingga dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat sekitar.

“Sebenarnya siswa kami ini sedang melaksanakan PKL, tapi demi suksesnya acara SMD, mereka meminta izin untuk dapat turut serta pada kegiatan ini,” ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Sukamentri, Nenden Nurlitasari, S.IP., menerima cinderamata dari Koordinator Tim SMD SMKN 1 Garut, Reni Nurhaerani, S.Pd., Rabu (02/11/2022).

Pembuatan sabun cuci piring ini sangat mudah, murah cepat, aman serta menguntungkan. Dan jika para kader Kelurahan Sukamentri memiliki jiwa wirausaha yang tinggi, maka dapat secara mandiri dikembangkan lagi sehingga taraf perekonomian masyarakat meningkat.

Berikut bahan-bahan pembuatan sabun cuci piring: Texaphon, Sodium Sulfat, NaCl, Pewarna, Spanel, Pewangi extra, dan Air. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here