SMKN 1 Garut Menggelar Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change

0
31
Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd., saat memberikan sambutan dalam Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change di gedung SMKN 1 Garut, Kamis (17/11/2022).

TARKID, (kandaga.id).- Mengusung tema “Inspiring Innovation with Industry Collaboration for Excellent”, civitas SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Garut menggelar Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change di gedung SMKN 1 Garut, Kamis (17/11/2022).

Menghadirkan narasumber psikolog Dra. Psi. Viera Adella, M.Psi., workshop diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan, dan dibuka Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd.

Psikolog Dra. Psi. Viera Adella, M.Psi.

H. Bejo menuturkan, pasca pandemi telah sedikit banyak perubahan pada perilaku siswanya. Untuk itu, dengan digelarnya workshop ini, H. Bejo mengharapkan para guru dapat merubah mindset dalam melaksanakan tugasnya.

Ia menegaskan, workshop ini untuk mengupgrade, mudah-mudahan dapat menginspirasi dan memperbaharui cara kita mengajar akibat lost learning hampir 2 tahun yang telah merubah pola pikir siswa, termasuk lost karakternya.

Waka Bidang Kesiswaan, Nurdin Ruslih, S.T., M.Pd.

Terpisah, Waka Bidang Kesiswaan, Nurdin Ruslih, S.T., M.Pd., mengatakan, workshop ini dalam rangka implementasi program SMK Pusat Keunggulan, dan SMKN 1 Garut jadi bagian di dalamnya dari tahun 2020. Maka dituntut untuk memberikan sebuah pemahaman dalam meningkatkan kompetensi dan wawasan guru yang nantinya ditularkan kepada siswa, kaitannya dengan motivasi.

“Bagaimana mengolah rasa, mengolah karsa dan betul-betul muncul kesadaran diri dan hatinya dalam mengajar. Dan itu merupakan motivasi intrinsik, bahwa belajar itu keinginan, belajar itu kebutuhan,” ujarnya.

Menurutnya, motivasi itu ada dua, intrinsik dan ekstrinsik. Intrinsik terang Nurdin, timbul dari dirinya, keinginan untuk belajar, untuk mencapai harapan, cita-cita yang menurut dia bahwa itu adalah akan membawa kebahagiaan yang lebih tinggi. Sedangkan motivasi ekstrinsik, tambah Nurdin, yaitu motivasi yang muncul dari karena ada contoh, ada stimulus dari luar.

Staf Waka Bidang Kesiswaan, Iwan Ridwan, S.Sy., MM.

Sedangkan Staf Waka Bidang Kesiswaan, Iwan Ridwan, S.Sy., MM., mengatakan, manfaat dari workshop penguatan karakter berbasis mindset change ini untuk memunculkan kesadaran seluruh warga SMKN 1 Garut, tentang pentingnya kedisiplinan, tanggung jawab, rasa memiliki terhadap lembaga dan kerjasama team. Sehingga, lanjut Iwan, proses pencapaian sebuah visi dan misi sekolah ini dapat diraih dengan cepat dan mudah.

“Seluruh warga SMKN 1 Garut harus membiasakan 3M yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, dan mulai dari sekarang,” harap Iwan. Kesadaran untuk berubah yang muncul dari diri sendiri, lanjut Iwan, akan berbuah hasil yang memuaskan dibandingkan dengan perubahan yang dilakukan dengan terpaksa.

Sementara Pembina OSIS SMKN 1 Garut, Citra Purnama Sari, S.Pd.,merasa bangga sekali dengan mendapatkan informasi yang lebih, dan pemahaman-pemahaman serta wawasan baru dari Ibu Viera, yang sangat kompeten sekali di bidang psikologi.

“Apa yang Ibu Viera sampai sudah barang tentu menjadikan sebuah pembelajaran buat saya, dan nantinya akan ditularkan kepada para siswa saya,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here