SMP IT Al Mashduqi Garut
Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2022

0
168
Sekretaris Daerah Kabupaten Garut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut menyerahkan Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada Kepala SMP IT Al Mashduqi Garut, Rabu (16/11/2022).

TARKID, (kandaga.id).- Berdasar Surat Keputusan Bupati Garut No. 421/Kep.233-DLH/2022 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Tahun 2022, SMP Islam Terpadu Al Mashduqi Garut ditetapkan sebagai sekolah Penerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Garut Tahun 2022 untuk jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Garut, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. H. Nurdin Yana, MH., didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), H. Jujun Juansyah Nurhakim, ST., MT., menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala SMP IT Al Mashduqi Garut, Nispi Gustia Nurani, S.Pd., di Kantor DLH Kabupaten Garut, Jl. Terusan Pahlawan, Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (16/11/2022).

Penghargaan Adiwiyata ini diperuntukan bagi sekolah yang berhasil secara konsisten melaksanakan GPBLHS (Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah), yaitu aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan, yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Sekda H. Nurdin Yana menyampaikan, terima kasihnya yang sebesar-besarnya kepada para kepala sekolah yang telah mengimplementasikan sekaligus konsen dalam mendidik anak-anak di sekolah, untuk peduli terhadap aspek lingkungan sebagai bagian dari pendidikan karakter.

“Dengan adanya gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah ini, kita ingin memberikan pelajaran bagi anak-anak sejak dini, agar tumbuh pada dirinya cinta terhadap lingkungan bagi kelestarian alam secara keseluruhan, yang tentunya untuk kebaikan masa depan kita semua,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Kadis DLH, H. Jujun Juansyah menjelaskan, setelah dilaksanakan penilaian oleh Tim Penilai Adiwiyata Kabupaten dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, SMP Islam Terpadu Al Mashduqi Garut ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Garut Tahun 2022.

“Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMP Islam Terpadu Al Mashduqi Garut, atas pencapaian yang telah diperolehnya,” ucap Kadis H. Jujun Juansyah.

Menurutnya, gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah atau yang dikenal dengan GPBLHS ini, merupakan turunan dari Program Adiwiyata yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Jadi sebuah harapan besar ketika seluruh peserta didik di SMP Islam Terpadu Al Mashduqi Garut, dapat menjadi generasi yang peduli terhadap lingkungan,” harapannya.

Sementara Kepala SMP IT Al Mashduqi Garut, Nispi Gustia Nurani, S.Pd., mengucapkan rasa syukurnya yang tak terhingga kepada Allah SWT., atas perolehan apresiasi berupa Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Garut pada Tahun 2022 dari Bupati Garut.

“Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, dan itu salah satu program unggulan SMP IT Al Mashduqi Garut, yang tidak terpisahkan dari unit sekolah Al Mashduqi Boarding School Garut, yakni Program Living Values Education (LVE),” ucapnya.

Menurutnya, mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Garut, pada Program Living Values Education (LVE) tahun ini, diimplementasikan dalam sebuah program gerakan yang melibatkan seluruh warga sekolah, dengan nama program “Al Mashduqi Eco School”.

“Ini sebagai bagian dari GPBLHS di sekolah, kami hadirkan sebagai langkah ikhtiar dalam meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang semakin bersih, hijau, asri dan sehat, yang menjadi bagian penting habituasi pendidikan karakter, sesuai visi Al Mashduqi Boarding School Garut yaitu, “Habituasi Pendidikan Karakter Generasi Qur’ani Menuju Sekolah Unggul Berwawasan Global dan Kelestarian Lingkungan,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here