SMPN 1 Cilawu Mendapat Kunjungan Persit KCK Pangdam III/Siliwangi

0
494

kandaga.id – Mungkin, tak banyak sekolah yang mendapat perhatian dari Kodam III/Siliwangi. Oleh sebab itu, Alhamdulillah, SMPN 1 Cilawu terpilih oleh Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi, Evi Agus Subiyanto dalam memberikan santunan kepada anak yatim piatu peserta didik SMPN 1 Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Rabu (27/01/2022).

Sesuai jadwal, tepat pukul 08.00 WIB Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi, Evi Agus Subiyanto beserta rombongan sudah ada di depan gerbang SMPN 1 Cilawu, dan disambut langsung Kepala SMPN 1 Cilawu, R. Yusup Satria Gautama, M.Pd.

Sudah tradisi, kalau ada, atau punya acara besar SMPN 1 Cilawu selalu mementaskan seni budaya Sunda.

Seperti pada penyambutan dengan upacara adat “mapag tamu agung“, para penari serta langser menyambutnya dan mempersilahkan para tamu agung untuk duduk di kursi yang disediakan dengan suguhan penampilan dalang cilik dalam memainkan tokoh pewayangan Cepot dan kawannya.

Setelah itu rombongan tamu agung diarahkan menuju ruang kepala sekolah untuk sarapan pagi dan beristirahat sejenak. Sementara tamu lainnya sarapan pagi di dua tempat berbeda.

Kegiatan, dibuka dengan persembahan lagu es lilin, pembacaan ayat suci Al-guran dan diakhiri doa bersama.

Memasuki acara pokok diawali sambutan Kepala SMPN 1 Cilawu, R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., yng menyampaikan terima kasih kepada Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi beserta jajarannya, kepada Kadisdik yang diwakili sekretaris, dan tamu lainnya.

Dia mengakui kedatangan Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi beserta jajarannya ini banyak hikmahnya, terutama jiwa korsa TNI yang sangat patut untuk contoh dalam memimpin sekolah, supaya lebih maju.

“Insyaallah, kami bekerjasama dengan TNI dalam pembinaan karakter di SMPN 1 Cilawu,” ucapnya.

Kepala SMPN 1 Cilawu, mengucapkan terima kasih kepada Danrem 062/Tn dan Dandim 0611/Garut yang sebelumnya telah mengontrol kesiapan serta membantu segala kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi ini.

“Terima kasih kepada Ibu Danrem 062/Tn dan Ibu Dandim 0611/Garut yang dari pukul 06.00 WIB telah berada di SMPN 1 Cilawu, dalam mempersiapkan kedatangan rombongan Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi,” ucap Yusup.

Selain itu, Yusup menerangkan, Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi ini yang pertama kali menjadi Paskibraka di Kabupaten Garut ke tingkat nasional.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi ini jadi motivasi khususnya bagi anak-anak SMPN 1 Cilawu,” harapnya.

Sebelum melanjutkan sambut, rombongan Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi disuguhi penampilan kreasi seni solo vocal.

Kemudian sambutan Kadisdik yang Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Mohamad Yusup Sapari yang menyampaikan permohonan maaf dari kepala dinas tidak bisa hadir, karena hari ini sedang ada pembinaan kepala SMP swasta se-Kabupaten Garut.

Atas nama Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Sekdis Yusup Sapari mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi beserta jajarannya yang telah memilih SMP Negeri 1 Cilawu dalam memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu.

“Mudah-mudahan kepedulian terhadap anak yatim piatu ini diikuti oleh SKPD-SKPD yang ada Kabupaten Garut,” ujarnya.

Sekdis Yusup, menerangkan, di SMPN 1 Cilawu ini ada 70 anak yatim piatu. Namun karena wajib menerapkan protokol kesehatan, sehingga yang hadir menerima secara langsung diwakili 30 peserta didik.

Selain itu, Sekdis Yusup mengungkapkan, SMPN 1 Cilawu ini sarat dengan prestasi, bahkan di kepemimpinan Pak Yusup yang terbaru ini masuk kedalam sekolah penggerak.

“Mudah-mudahan ini membawa kearah pendidikan yang lebih baik di kecamatan Cilawu dan Kabupaten Garut,” harapnya.

Dia memohon kepada kepala sekolah dan guru-gurunya SMPN 1 Cilawu supaya lebih memperhatikan anak-anak yatim piatu yang ada di sekolahnya.

Sementara Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi, Evi Agus Subiyanto dalam sambutannya mengapresiasi kepada SMP 1 Cilawu dengan menanamkan disiplin serta cinta tanah air terhadap anak-anak didiknya. Dia berharap semua sekolah yang ada di Kabupaten Garut menanamkan sifat yang sama.

“Kami datang ke SMPN 1 Cilawu ini untuk memberikan santunan sedikit kepada anak-anak yatim piatu yang mungkin membutuhkan, namun tidak bisa secara kontinyu. Tapi Insya Allah apabila memang ada rezeki lagi, akan saya titipkan kepada kepala sekolah,” ucapnya.

Dia berpesan kepada anak-anak yatim piatu jangan berkecil hati atau sedih, karena sudah Qadarullah, yang terpilih Allah Subhanahu Wa ta’a untuk bisa hidup di dunia ini tanpa bimbingan orang tua.

Meski demikian, lanjut Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi, disini ada orang tua angkat yang bisa membimbing untuk menjadikan anak yang berkarakter dan berhasil.

“Doa yang utama untuk orang tuanya,” ucapnya.

Dirinya berharap, anak-anak ini jangan putus asa, terus semangat dalam belajar, beribadah serta berdoa, jadilah orang yang baik, dan serahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT.

“Insyaallah rezeki tidak akan ke mana, berprestasi, semangat yang tinggi, Allah akan memberikan rezekinya sampai nanti kalian bisa lulus sekolah,” ucapnya.

Selain itu, Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi juga mengingatkan, anak-anak ini harus punya cita-cita, harus jadi orang pintar, berkarakter dan punya akhlak yang baik.

“Mumpung masih kecil, belajarlah dari sekarang, jadilah orang yang baik,” pungkasnya.

Sebelum pemberian bantuan kepada anak yatim piatu, menutup acara dan ramah tamah. Rombongan Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi disuguhi penampilan kreasi seni jaipong.

Usai acara, rombongan Ketua Persit KCK Pangdam III/Siliwangi dan tamu lainnya menunaikan shalat Dzuhur dan makan siang yang sudah disediakan di tiga tempat. ***Jajang Sukmana