Wabup Garut Buka Gebyar Jalan Sehat SD Muhammadiyah 5 Garut Kota

0
707

BRATAYUDHA, (kandaga.id.- Menutup perayaaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 serta menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah ke-48, Keluarga Besar SD Muhammadiyah 5 (Esmuli) di Jl. Bharatayuda No. 150, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, menggelar jalan sehat dengan hadiah kulkas, sepeda, dan banyak hadiah lainnya.

Secara resmi, gebyar jalan sehat dibuka Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman disaksikan Camat Garut Kota, Lurah Kota Kulon, Ketua PCM Garut Kota, Ketua RW 22, Pengawas Bina, Kepala SD Muhammadiyah 5, guru-guru, seluruh siswa beserta orang tuanya, Sabtu (27/8/2022).

Wabup Helmi menyambut baik langkah yang dilaksanakan SD Muhammadiyah 5 ini. Pasalnya, selain sehat ada nilai-nilai nasionalisme juga mempresentasikan nilai-nilai Muhammadiyah di dalam kehidupan.

“Alhamdulillah, kepanitiaan disini sudah siap, keamanan melibatkan Kokam,” ucapnya.

Karena dalam memeriahkan kemerdekaan ini merupakan acara besar yang melibatkan secara bersama-sama, tentunya akan sedikit mengganggu, Wabup Helmi mohon maaf kepada masyarakat jika dalam aktivitasnya terganggu.

Dalam kesempatan ini, Wabup Helmi mengimbau kepada sekolah yang berada dijalan raya, agar memperhatikan keselamatan dan keamanan seluruh siswanya.

“Sekolah harus berbenah, harus ada kantin, dan pedagang yang ada di luar bisa berkerjasama dengan kantin,” ujarnya, pokoknya kata Wabup Helmi, selama istirahat anak-anak tidak boleh jajan keluar.

Sementara Pengawas Bina, Wawan Sopyan, S.Pd., M.Pd., mengatakan, kegiatan jalan sehat yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 5, sebagai bukti kerjasama dan kepedulian semua unsur, terutama orang tua siswa melalui komite sekolah, dan paguyuban kelas secara terprogram.

“Ini sebagai wujud bahwa proses pendidikan dan kualitas pendidikan adalah tanggung jawab bersama,” ujar Wawan, selain itu kata Wawan, kegiatan yang dilaksanakan wujud prinsip dari warga, oleh warga, dan untuk warga SD Muhammadiyah 5.

Disisi lain, tambah Wawan, pengembangan dan implementasi kurikulum Merdeka yang secara terstruktur menguatkan karakter siswa untuk cinta tanah air, kerjasama, gotong-royong serta diwujudkan melalui implementasi Kurmer dalam konten Profil Pelajar Pancasila.

“Kerjasama yang solid, menggambarkan bahwa sekolah memiliki keleluasaan untuk mengembangkan semua potensi yang ada melalui kerjasama semua stakeholder,” ungkapnya.

Menurutnya, meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan adalah bagian yang harus disepakati, merupakan tanggung jawab warga sekolah, pemerintah dan masyarakat.

Terpisah, Kepala SD Muhammadiyah 5, Empip Hapipah, S.Pd., mengucapkan syukur Alhamdulillah, dalam acara gebyar jalan sehat ini dibuka Wakil Bupati Garut, serta dihadiri jajaran Forkopincam Garut Kota.

“Terima kasih kepada semuanya, ditengah kesibukannya dapat meluangkan waktu menghadiri gebyar jalan sehat ini, dan terima kasih kepada seluruh panitia juga guru-guru, orang tua dan siswa yang telah menyukseskan acara ini. ***Jajang Sukmana