Ketua  Steering Committee (SC), Riki Priyanto (kemeja hitam), didampingi ketua
Organizing Committee (OC), Hamzah, Amd.

Kandaga.id- Musyawarah Daerah (Musda) ke-VI  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Garut kemungkinan akan digelar usai Pilkada serentak, yang dipastikan tidak akan lewat dari Januari Tahun 2021, dan untuk bursa calon Ketua DPD PAN terbuka untuk umum.

” Kalau melihat PO yang ada, mekanismenya itu adalah pertama bahwa di daerah itu panitia akan membuka pendaftaran calon formatur. Siapa pun nanti yang daftar di Formatur, baik internal maupun eksternal, nanti akan diajukan ke DPP dan nanti DPP yang akan memilih untuk satu ketua terpilih formatur,” Ungkap Ketua  Steering Committee (SC), Riki Priyanto, didampingi ketua
Organizing Committee (OC), Hamzah, kepada kalangan wartawan usai rapat persiapan Musda, di Kantor DPD PAN Garut, Jl. Terusan Pembangunan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Senin (30/11/2020).

Rapat persiapan Musda PAN Kabupaten Garut di Kantor DPD PAN Garut.

Lanjut Riki, formatur ini  terdiri dari empat orang dari DPD Kabupaten Garut, yakni satu ketua formatur dan tiga anggota formaturnya plus formatur dari DPP. Sedangkan untuk mekanisme teknis dan pelaksanaan Musda ke VI ini, masih menunggu keputusan dari DPP PAN.

Menurut Riki, kemungkinan mekanisme pelaksanaan Musda di masa Pandemi Covid 19 ini akan dilaksanakan secara virtual..

” Kalau mengacu kepada mekanisme musyawarah wilayah di tingkat provinsi Jabar kemarin, juga menggunakan sistem mekanisme virtual. Meskipun virtual, namun tidak akan mengurangi Keabsahannya. Karena itu juga mengacu kepada PO (Peraturan Organisasi) Partai Amanat Nasional yang sudah ditetapkan,” Jelasnya.

Sementara Ketua OC Hamzah, yang juga Anggota DPRD Kabupaten Garut, menambahkan, untuk teknis tempat pelaksanaan virtual ini, rencanya sesuai  arahan dari ketua DPD PAN Kabupaten Garut, H Babay Tarmini.

” Pak Ketua meminta, agar tempatnya jangan sampai jauh dari Kantor sekretariat DPD, yang terpenting sederhana dan kondusif. Mudah mudahan dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah PAN yang ke VI nanti,  menghasilkan kader terbaik untuk ketua PAN ke depan,” ujarnya

Kata Hamzah, untuk pembukaan pendaftaran bakal calon ketua, masih menunggu keputusan dari DPP, sebab Musda ini akan dilaksanakan serentak di 27 Kota/Kabupatén Se Jawa Barat.

Namun demikian pihaknya telah mempersiapkan berbagai persiapan untuk pelaksanaan  Musda nati.

” Tentunya kita sebagai panitia berangkat dari kebersamaan, dan pasti rasa memiliki terhadap partai dalam Musda nanti, akan dilaksanakan dengan penuh  tanggung jawab. Sementara untuk calon pun kita terbuka baik untuk internal maupun eksternal, dan yang terpenting sesuai dengan PO Partai Amanat Nasional,” pungkasnya (Jay).