GARKOT, (kandaga.id).- Dengan meraih juara bergilir 2 piala, juara utama I, juara kostum terbaik, dan variasi formasi terbaik. Akhirnya, SMP Negeri 3 Garut kembali menjadi meraih juara umum pada Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) Passmus Event 2023 antar pelajar tingkat SMP dan sederajat se-Kabupaten Garut, yang diselenggarakan di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut, Jl. Mayor Syamsu No. 2-B, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Sabtu (27/01/2023).

Prestasi luar biasa ini sebagai pembuktian mental juara melekat di pasukan Paskibra SMPN 3 Garut (Spentigar), terbukti di tahun 2022 juga meraih juara umum pada LKBB Bupati Cup yang diselenggarakan Denpom Garut.

Mental juara pasukan Paskibra Spentigar terlihat dari deretan piala yang tersimpan di SMPN 3 Garut, hal tersebut menjadi kebanggan tersendiri bagi keluarga besar SMPN 3 Garut sekaligus membuktikan bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Kepala SMPN 3 Garut, Agus WF mengungkapkan, hampir setiap hari sepulang sekolah sampai sore, Paskibra SMPN 3 Garut giat berlatih dengan disiplin dan tanpa kenal lelah, yang sebelumnya diawali makan siang terlebih dahulu bersama-sama penuh kekeluargaan.

Keberhasilan paskibra dalam 2 tahun terakhir memboyong piala bergilir sebagai juara umum juga tidak lepas dari peranan pembina dan PKS kesiswaan yang turun tangan langsung membantu dan mendorong kegiatan ekskul Paskibra.

Pada event kemarin pembina ditugaskan langsung oleh kepala sekolah untuk mendampingi para peserta selama bertanding bahkan menemani mereka bersama pelatih ketika menginap di Kampus SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut pada Jum’at malam.

Pihak sekolah pun dalam hal ini kepala sekolah memberikan perhatian khusus dimana Sabtu subuh memonitor langsung persiapan peserta termasuk memperhatikan asupan gizi peserta ketika mereka sarapan, bahkan berkomitmen untuk selalu memberikan motivasi dan apresiasi kepada peserta Paskibra juga kepada ekskul lainnya.

“Selamat kepada tim Paskibra Spentigar, juga kepada pelatih, pembina, kesiswaan, guru dan tendik serta orang tua siswa yang selalu mendukung kegiatan ekskul di sekolah,” pungkas Agus WF. ***Jajang Sukmana