Ahmad Ripqi Nur Pathoni, Pelajar Asal Garut Sukses Menjadi Anggota Parlemen Remaja DPR-RI

0
37

GARKOT, (kandaga.id).- Kegiatan Parlemen Remaja merupakan kegiatan tahunan yang di selenggarakan oleh Setjen DPR-RI untuk mengenalkan sistem politik kepada pelajar tingkat SMA se-derajat juga memperingati Hari Demokrasi Internasional pada tanggal 15 September 2022.

Ia adalah Ahmad Ripqi Nur Pathoni pelajar SMK Negeri 1 Garut kelas XI Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) telah sukses menjadi anggota Parlemen Remaja DPR-RI yang di selenggarakan pada tanggal 10-14 Oktober 2022 di DPR-RI Senayan, Jakarta juga mewakili Daerah Pemilihan XI (Garut, dan Tasikmalaya).

Ia merupakan salah satu pelajar asli asal Garut yang berhasil menjadi anggota Parlemen Remaja dengan 131 peserta dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia dari 80 daerah pemilihan dengan berbagai seleksi secara ketat mulai dari CV, Esai, dan Video Kampanye.

“Alhamdulillah saya bersyukur sekali, bisa tembus ke Gedung Kura-kura (DPR-RI) untuk menyampaikan aspirasi juga suara rakyat, meskipun masih pelajar, namun saya paham bagaimana sistem politik di Indonesia dengan berbagai permasalahan juga pemecahan masalahnya,” ungkap Ahmad, usai menerima penghargaan dari Bupati Garut dalam Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2022 di Lapangan Otto Iskandardinata (Alun-alun) Kecamatan Garut Kota, Jumat (25/11/2022).

Pria kelahiran Garut, 18 Maret 2006 tersebut mengatakan, selama kegiatan di sana banyak sekali kegiatan yang harus di kerjakan sampai tengah malam dari tanggal 10-14 Oktober, mulai dari pembukaan, dinamika kelompok, seminar pembekalan persidangan, kunjungan kerja komisi, simulasi Rapat komisi bahkan Rapat Paripurna.

Prestasi Ahmad Ripqi Nur Pathoni ini sebagai bentuk nyata dari SMKN 1 Garut sebagai sekolah pencetak juara. Bahkan terang Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., setiap pekan, bulan dan semester, peserta didiknya selalu saja keluar menjadi juara 1, 2, 3. Baik itu lomba akademik maupun non akademik mulai tingkat Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dan Nasional.

“Alhamdulillah, Ahmad Ripqi Nur Pathoni telah menambah catatan prestasi bagi kami, dan Ahmad ini telah selesai mengikuti kegiatan Parlemen Remaja di DPR RI. Semoga menjadi bekal serta pengalaman hidup yang berarti sehingga menjadi melek dan cerdas dalam berpolitik,” ungkap H. Bejo, melalui WhatsApp.

Beliau mendo’akan, semoga kelak Ahmad Ripqi ditakdirkan oleh Allah SWT yang Maha Kuasa dan Maha Perkasa bisa menjadi wakil rakyat untuk memperjuangkan nasib rakyat Indonesia, supaya lebih bermartabat, maju, mandiri dan sejahtera.

Sementara Bupati Garut H. Rudy Gunawan, saat ditemui usai memimpin upacara HGN Tahun 2022, mengucapkan Alhamdulillah, Kabupaten Garut mempunyai siswa yang sangat berpotensi, dan Ahmad ini merupakan salah satu siswa pertama (cikal) di Kabupaten Garut yang bisa tembus ke DPR-RI dengan melaksanakan kegiatan Parlemen Remaja.

“Saya atas nama Pemkab Garut sangat bahagia sekali mempunyai siswa yang memang tidak dihiraukan kembali potensinya, selama saya menjabat bupati 8 tahun belum pernah sama sekali masuk ke Gedung DPR-RI,” ungkapnya.

Bupati Garut berharap, dengan Ahmad bisa ikutnya di kegiatan Parlemen Remaja, bisa menjadi inspirasi di Kabupaten Garut, bahwa siswa pun bisa berpotensi lebih, juga bisa menyebarluaskan pengalamannya.

“Kepada sekolah-sekolah yang ada di Garut, mudah mudahan tahun depan juga ada perwakilan lagi siswa Garut yang masuk ke DPR-RI mewakili dapil 11,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here