Jabar Bergerak Berkolaborasi dengan OSIS SMKN 1 Garut, Membangun Kapasitas Kepemimpinan Generasi Z

0
149

kandaga.id – Dalam membekali calon pemimpin masa depan yang searah sesuai dengan cita-cita kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Bidang Pendidikan Jabar Bergerak  berkolaborasi dengan OSIS SMKN 1 Garut menggelar Education Speak Up yang dikemas dalam bentuk seminar di Sasana Wibawa Mukti SMKN 1 Garut, Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (29/09/2021).

Mengusung tema “Membangun Kapasitas Kepemimpinan Generasi Z Demi Terwujudnya Visi Indonesia Emas”, secara resmi dibuka Wakil Ketua Jabar Bergerak Pusat, Ustadz Tatan Ahmad Santana, dengan diikuti secara luring sebanyak 65 ketua OSIS SMA/SMK/MA serta lima undangan kehormatan Ketua OSIS SMP terdekat, juga 200 peserta lainnya secara daring.

Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kapasitas sebagai pemimpin-pemimpin muda, agar kemudian bangsa ini sampai pada visi Indonesia emas 2045.

“Investasi hari ini akan dibayar lunas di masa depan menjadikan pemimpin, pemimpin Jawa Barat, pemimpin Indonesia,” ungkap Ustadz Tatan. Kalau kita ingin menjadi bangsa pemenang di masa yang akan datang, ungkap Ustadz Tatan, anak muda sekarang harus bisa mengalahkan minimal tiga musuh utama yaitu pesimisme, apatisme, dan ekstrimisme.

Sementara Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Garut, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd., sengaja mengundang para Ketua OSIS SMA, SMK dan SMA se Kabupaten Garut, karena mereka sebagai generasi milenial akan mengikuti perkembangan dunia yang sangat cepat dan berubah terus-menerus. Sehingga diyakini dan percaya, dipundak dan dipikul mereka  masa depan yang akan memimpin, baik di Garut, Jawa Barat maupun di Indonesia.

Dalam pembukaan dihadiri Bupati Garut diwakili Kadisdik Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., , Pembina Jabar Bergerak Kabupaten Garut, Hj. Diah Kurniasari, dan Kabid Sosial Jabar Bergerak Pusat, Dra. Ratna Sartika Julinati.

Dengan pemateri, Pembina Jabar Bergerak yaitu Plt Bupati Bandung Barat, Henky Kurniawan (secara virtual), Ustadz Tatan Ahmad Santana dan Wakil Ketua Umum Jabar Bergerak Bidang Aksi dan Pengembangan Masyarakat, Dr. Hj. Neneng Hayati, SE., MM.

Seminar ini adalah membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas. Karena, kata Kadisdik Totong, Generasi Z ini mendorong anak-anak dengan memiliki pemikiran profil pelajar Pancasila yang  menjadi acuan sekolah penggerak. Bergerak untuk mewujudkan generasi emas, generasi unggul tahun 2045.

“Alhamdulillah, di Garut bersinergi  dengan program pusat yaitu program sekolah penggerak, guru penggerak, organisasi bergerak, termasuk  Jabar bergerak,” ucap Totong.

Ketua OSIS SMKN 1 Garut, Disty Isbiyanti Prananingrum, mengharapkan semua peserta yang mengikuti seminar ini dapat mengaplikasikan serta mengimplementasikan sesuai dengan tema. Selain itu, juga menularkan serta disampaikan kepada pihak masing-masing. Itu artinya, peserta jangan hanya mendengarkan atau mengetahui saja apa yang disampaikan oleh para pemateri.

“Mudah-mudahan dengan seminar ini jadi titik awal dalam mempersiapkan generasi bangsa dalam mencapai membangun kapasitas generasi Z, demi terwujudnya visi Indonesia Emas,” pungkas Disty, yang mengaku bulan Desember berakhir di kepengurusannya. ***Jajang Sukmana