Ketua DPRD Membuka Porseni Tahunan YPLP PGRI Kabupaten Garut

0
144

TARKID, (kandaga.id).- Mempererat tali silaturahmi sekaligus menggali potensi dari satuan pendidikannya, Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Garut menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tahunan dari tanggal 24-27 Oktober di SMA PGRI Garut, Jl. Guntur Melati No. 40-A, Haurpanggung, Kec. Tarogong Kidul.

Mengusung tema “Melalui Olahraga Kita Bina Jiwa Ksatria Melalui Seni Kita Jalin Silaturahmi YPLP PGRI”, Porseni di Ketua DPRD Kabupaten Garut, Dra. Hj. Euis Ida Wartiah, M.Si., dihadiri ketua yayasan Dr. H. Encep Suherman, M.Pd., beserta jajarannya, dan sebanyak 75 dari jenjang TK-SMA/SMK PGRI se-Kabupaten Garut beserta kontingennya masing-masing, serta tamu undangan lainnya.

Panitia pengarah, Dr. H. Encep Suherman, M.Pd., foto bersama Ketua DPRD Kabupaten Garut, Dra. Hj. Euis Ida Wartiah, M.Si.

Panitia pengarah Drs. H. Agus Supendi, M.M.Pd., mengaku bersyukur ada ketua DPRD Kabupaten Garut untuk membuka Porseni ini. Sayangnya, kata H. Agus, tidak dihadiri dari pihak Dinas Pendidikan maupun PGRI Kabupaten Garut termasuk pihak KCD Wilayah 11. Padahal terang H. Agus, pihaknya sudah mengundangnya, Senin (24/10/2022).

Hal sama disampaikan ketua pelaksana, Lilis Nurwati Aidawati, S.Pd., M.Pd., yang akrab disapa Lisnur, ia mengucapkan terima kasihnya kepada Ketua DPRD Kabupaten Garut, ditengah kesibukannya beliau berkenan membuka sekaligus menjadi sponsor bersama Erlangga dalam Porseni ini.

Hari pertama Porseni untuk jenjang SMP dengan mata lomba Senam, Tari, Karaoke, Futsal, dan Voli Ball, dan besoknya final. Hari ketiga, untuk jenjang SMA/SMK, dengan mata lomba yang sama, dan hari keempat atau terakhir jenjang TK, dengan mata lomba berupa peragaan busana, dan mewarnai.

Sedangkan penjurian, supaya tidak ada kecemburuan, pihak panitia mencoba mengkolaborasikan antara perguruan tinggi, pengurus yayasan dan para pengawas yang kompeten di bidangnya. Bahkan untuk menjaga netralitasnya para juri tersebut disebar terlebih di group, agar transparan.

Dari kegiatan Porseni yang rutin setiap tahunnya dilaksanakan oleh YPLP PGRI ini berdampak positif pada minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah PGRI, terbukti antusiasnya siswa dan kepala sekolah dari setiap lembaga PGRI dalam mengikuti pembukaan, hampir semuanya hadir bahkan yang dari jauh mereka sampai menginap.

“Alhamdulillah orang tua begitu mendukungnya bahkan anak untuk berlatih hingga sore pun mereka mengijinkan. Dan itu sebagai bentuk dukungan dari orang tua sangat kuat sekali,” ucap Lisnur.

Dirinya sangat bangga dengan kegiatan ini, para pengurus YPLP PGRI mulai dari tingkat provinsi dan kabupaten yang jelas-jelas yang melaksanakan sangat memberikan inspirasi, motivasi buat kami semua, para pelaksana selaku panitia.

Ia berharap dari kegiatan ini ada tindak lanjut untuk di tingkat provinsi, sehingga organisasi PGRI bisa untuk mewakili dan memberikan aset-aset bangsa ini dari potensi yang dimiliki oleh anak-anak, dan keinginan untuk ke depannya itu untuk terus menggali potensi anak itu sangat besar sekali.

Karena dari lembaga-lembaga PGRI yang saat ini ikut ke tingkat nasional pun ada, seperti dari silat, nyanyi dan sebagainya. Dan sekarang tengah mencoba menggali kembali potensi-potensi dari setiap lembaga dari lima cabor ini untuk berkompetisi di tingkat provinsi dan lebih jauhnya ke tingkat nasional.

Selain di Porseni, sekolah juga mengikuti perlombaan-perlombaan di luar Porseni, seperti saat ini misalnya, SMP PGRI Selaawi akan mengikuti even solo di tingkat provinsi, begitu juga dari tari yang sudah sampai di tingkat provinsi.

Panitia Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) YPLP PGRI Kabupaten Garut Tahun 2022

Penanggung jawab: Pengurus Perwakilan YPLP PGRI Kabupaten Garut; Panitia pengarah: Dr. H. Encep Suherman, M.Pd.,Drs. H. Agus Supendi, M.M.Pd.; Panitia pelaksana: Lilis Nurwati (Ketua), Teti K (Sekretaris), Elin (Bendahara); Seksi-seksi/Koordinator : Lina L. (Acara), Sandi (Futsal), Rempan (bola voli), Iik (Senam PGRI), Ida (Karaoke), Astuti (Tari), Hj. Ecin K. (Mewarnai), Dede Wati (Peragaan busana); Wasit & juri : Cucu (Konsumsi), Ali (Keamanan), Ade (Publikasi & Dokumentasi), Deden (Perlengkapan), Ine & Susan (P3K).***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here