Pasanggiri Tunas Bahasa Ibu, Kabupaten Garut Memboyong Tujuh Juara Tingkat Jawa Barat

0
898

kandaga.id – Tujuh perwakilan peserta didik jenjang SD Kabupaten Garut berhasil menorehkan prestasi pada Festival Tunas Bahasa Ibu 2021 tingkat Jawa Barat yang digelar di Hotel Sutan Raja, Jl. Raya Soreang No. 10, Pamekaran, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung dan Hotel Grand Sunshine, Jl. Raya Soreang No. 6, Pamekaran, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung pada hari Selasa-Jumat, 30 November-3 Desember 2021.

Hal itu diketahui setelah Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat mengumumkan para pemenang yang dimulai pukul 19.30 WIB, Kamis (2/12/2021).

Kasi Kelembagaan dan Kesiswaan, Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Beni Hadi Saputra, S.Pd., M.M., saat dihubungi melalui WhatsApp, mengucapkan syukur Alhamdulillah dari pasanggiri atau perlombaan Nembang Pupuh putra dan putri berhasil meraih juara pertama yaitu atas nama Muhamad Kaffa Pratama dari SDN 1 Purwajaya, Kecamatan Peundeuy dan Neng Syelfi Oktora dari SDN 2 Sukahurip, Kecamatan Cigedug.

Dari pasanggiri atau perlombaa Maca Sajak putri berhasil meraih juara pertama atas nama Azzahra Syawalanisa dari SDN 1 Karangmulya, Kecamatan Kadungora, dan putra meraih juara II atas nama Maulana Kendra El-Farizi dari SDS Muhammadiyah 5 Kecamatan Garut Kota.

Sedangkan dari pasanggiri atau perlombaan Ngadongeng putra berhasil meraih juara III atas nama Jackye Firmansyah dari SDN 1 Sukarame, Kecamatan Bayongbong. Dan putri berhasil meraih juara Harapan I atas nama Elisya Putri Anggraini dari SDN 3 Wanaraja, Kecamatan Wanaraja. Ditambah dari pasanggiri Ngarang Carita Pondok dengan meraih juara Harapan II putri atas nama Sani Sabila dari SDN 1 Kadongdong, Kecamatan Banjarwangi.

Beni mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang evaluasi implementasi Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah di Sekolah di Provinsi Jawa Barat.

Mata lomba yang digelar di Hotel Sutan Raja yaitu, Biantara, Nulis Carpon, Ngadongéng, dan Nembang Pupuh. Sedangkan di Hotel Grand Sunshine yaitu Maca Sajak, Borangan, Nulis & Maca Aksara Sunda.

Adapun tempat lomba di Sunshine yaitu Borangan: Angklung, Nulis Aksara Sunda: Baleriung (area parkir), dan Sajak: Ballroom Degung. Sedangkan di Sutan Raja yaitu Pupuh: Pajajaran Convention Center, Dongeng: Kafe, Biantara: Sisingamangaraja Lt.3, dan Nulis Carpon: Jayadewata Lt. 4. ***Jajang Sukmana